Tangani Covid-19 di Polman, RS Pratama Wonomulyo Terus Berbenah

RS Pratama Wonomulyo
RS Pratama Wonomulyo menjadi pusat penanganan Virus Corona di Kabupaten Polewali Mandar

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Polewali Mandar Andi Suaib Nawawi saat dijumpai di ruang pola Kantor Daerah Polewali Mandar menjawab kurang maksimalnya penanganan Covid-19 di Rs Pratama Wonomulyo, Rabu (8/7/2020).

Menurutnya, kurang maksimalnya penanganan pasien Covid-19 di Rumah Sakit Pratama Kecamatan Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar. Disebabkan karena masih kurangnya sarana dan prasarana. Sementara ini Dinkes Rs Pratama masih terus berbenah.  

“Kita harus mempersiapkan sarana dan prasarananya dulu. Termasuk ruang operasi khusus untuk Covid yah..itu masih butuh proses,”ungkap Kadinkes Polman, Rabu 08/7/2020.

Ia juga mengatakan untuk melengkapi saran dan prasarana yang ada di Rumah Sakit Pratama di perlukan pengecekan barang yang tersedia di Rs Pratama terlebih dahulu. Kemudian Dinkes mengeluarkan anggaran sesuai kebutuhan.

“Ini kan sudah proses pemesanan ini barangnya, sama dulu waktu kita beli BSC untuk swab kemarin itu kan butuh proses Itu kemarin saya dijanjikan 10 hari ternyata datangnya 14 hari”,tambahnya.

Saat ini, persediaan tempat tidur bagi pasien yang terpapar virus corona ditambah hingga 50% atau berjumlah 80 fasilitas tempat tidur. Kemudian membuat sekat antara pasien dan pengaturan alur pelayanan.

Untuk pasien yang terkonfirmasi Covid-19 di Polewali Mandar sementara ini, masih ditempatkan di RSUD Polewali. Pasien akan dipindahkan setelah Rumah Sakit Pratama yang ada di Kecamatan Wonomulyo telah dibenahi.

Kedepannya, pihak Dinkes sedang fokus untuk penyediaan ruang operasi bagi pasien Covid-19. Untuk penyediaan tersebut, Dinkes menyediakan dana sebesar 5 Milyar, serta menamabah kesipan tenaga medis.

“Yang kita butuhkan kedepannya ini memang ruang operasi,jadi sementara ini pasien masih dirawat di RSUD Polewali. Karena kami masih dalam proses persiapan ruang operasi dan biaya yang disiapkan sekitar 5 Milyar dan SDM (Tim Medis) sudah siap,”. Tutur Suaib Nawawi

Anggaran penanganan virus corona di Polman, Pemda mengeluarkan anggaran ke Dinas Kesehatan sebanyak 6,2 Milyar. Dana tersebut digunakan untuk penyediaan Alat Perlindungan Diri dan insentif tenaga medis di Rs Pratama Wonomulyo.[PaTTaE.com]*