Tanggap Darurat Covid-19, Warga Desa Mammi Dirikan Posko Secara Sukarela

Tanggap Darurat Covid-19, Warga Desa Mammi Dirikan Posko Secara Sukarela
Tanggap Darurat Covid-19, Warga Desa Mammi Dirikan Posko Secara Sukarela

Mengantisipasi penyebaran Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19, warga Desa Mammi, Kecamatan Binuang, Kabupaten Polewali Mandar, mendirikan posko tanggap darurat Covid 19 secara sukarela. Posko tersebut didirikan tepat di akses masuk Desa Mammi.

Kepala Desa Mammi, Suleman S.pd (42) mengatakan, pendirian posko ini di latar belakangi adanya informasi mengenai warga perantau asal Desa Mammi dari Negeri jiran Malaysia yang akan pulang ke kampung halaman.

“Setiap masyarakat yang datang dari luar nantinya akan di cek dan diarahkan untuk cuci tangan, Posko Tanggap Covid-19 ini akan berlangsung sampai adanya himbauan selanjutnya dari pemerintah Kabupaten Polewali Mandar atau pemerintah pusat,” Terang Suleman kepada wartawan Pattae.com, Jumat 3 april 2020.

Lanjutnya, pendirian Posko Tanggap Covid-19 ini murni inisiatif dari Kades yang didukung penuh warga setempat.

Posko ini akan dilengkapi dengan alat pengukur suhu tubuh, hand sanitizer, dan masker. Selain itu, juga akan dijaga para petugas kesehatan, Bhabinkamtibmas, Babinsa, dan Pemuda sukarelawan.

Penyemprotan Disinfektan untuk kendaraan yang masuk wilayah Desa Mammi

“Jadi setiap warga yang melintas nanti akan kita lakukan pemeriksaan terlebih dahulu.” lanjut Suleman.

Orang nomor satu di Desa Mammi tersebut juga berharap, warganya terhindar dari wabah virus Corona yang sudah menelan banyak korban.

“Semoga Desa Mammi aman-aman saja dari Covid-19. yang jelas semua itu bisa kita raih apabila kesadaran masyarakat itu mendengarkan himbauan daripada pemerintah atau MUI. Kalo semua itu dilakukan oleh masyarakat, InsyaAllah semoga apa yang saya sebutkan tadi (virus Corona) akan aman-aman saja.” Harap kepala Desa Mammi.

Pendirian Posko Tanggap Darurat Covid-19 Desa Mammi, mendapatkan apresiasi posotif dari Masyarakat Desa Mammi dan sekitarnya.

“Muda-mudahan kegiatan seperti ini menjadi contoh bagi desa-desa lainnya yang ada di Kecamatan Binuang untuk mencegah penyebaran virus corona.” kata mama Sirin (24) masyarakat Desa Mammi.

Selain mendirikan Posko Tanggap Darurat Covid-19, warga Desa Mammi juga melakukan penyemprotan disinfektan ke Masjid dan juga Sekolah. Sri Wahyuni (22) selaku Relawan juga berharap, muda-mudahan virus Corona ini cepat dimusnahkan dan kami bias kembali ber-aktivitas seperti biasanya tanpa ada rasa takut. [pattae.com/Endi]*