Tentang Konfercab HMI Polman, Para Kader HMI membentuk Faksi Penyelamat Organisasi

Konfercab HMI

Konsorsium Penyelamat Organisasi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) bergerak mengembalikan segala langkah yang ditempuh HMI agar sesuai dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga. Mengingat pada Konferensi Cabang ke V HMI kali ini, sangat mencederai Konstitusi HMI.

Pada konfrensi Cabang ke V HMI yang digelar ini sangat melenceng dari jalur konstitusional HMI yakni pasal 29 angka 6 yang harus melaksanakan rapat pleno itu tidak di lakukan terlebih para MPK PC tidak dilibatkan padahal dalam amanat Anggaran Rumah Tangga pasal 42 angka 3 mengatakan MPK PC mengawasi pelaksanaan konfrensi sesuai AD/ART HMI, apa yang mau di awasi oleh MPK jika tidak diberitahu atau dilibatkan?

Masih banyak sekali amanat- amanat konstitusi HMI yang di tabrak oleh Penyelenggaraan Konfrensi cabang HMI polman kali ini. Maka dari itu kami hadir sebagai satu faksi yang ditugaskan oleh AD ART yakni setiap kader HMI wajib menjalankan dan menjaga nama baik sesuai ad/art HMI.

Ini akan menjadi sejarah bahwa ada kepengurusan yang menjalankan organisasi melenceng jauh dari aturan konstitusi nya,Kita semua menginginkan agar HMI ini tidak seenaknya saja dijalankan, kita menginginkan HMI hanya berlandas pada ad art, bukan pada partai ataupun kepentingan lain selain konstitusi.

Maka sekali lagi kami yang terhimpun dalam Konsorsium ini, bermaksud menyadarkan pengurus cabang yang saat ini kami pikir sedang tidak sadar sadarnya, menyadarkan nya dengan cara menjadi sentrum otokritik bagi organisasi dengan  langkah yang ditempuh berdasar pada apa yang tertera dalam konstitusi HMI.

Kesimpulan nya adalah kami meminta kepada steering commite agar menghentikan proses konfercab itu dan segera mendudukkan para Pengurus Cabang serta para Majelis Pertimbangan HMI Polman. Agar, memformulasikan ulang dari awal agenda-agenda Konfercab. Agar, tidak ada pihak yang dirugikan dan menjadi momentum bersama bagi setiap kader HMI di Polewali Mandar. Bukan hanya sebagian kalangan saja. Apabila tidak diindahkan maka kami akan melanjutkan hal ini ke tingkat yang lebih diatas yakni Badan Kordinasi selaku wadah uji setiap konflik yang ada di cabang.

Tentu ini kami lakukan demi kelangsungan sadar konstitusi dalam intern organisasi HMI di Polewali Mandar.

Penulis: Nendra (Pengurus Cabang HMI Polman)*