Tes Wawancara Balon Kades Dicecar Pertanyaan Tentang Program Desa

Tes Wawancara Balon Kades
Tes Wawancara Balon Kades di Aula Kantor Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Polewali Mandar, Rabu 22/9/2021.

Setelah melewati serangkaian tahapan pemilihan kepala desa atau Pilkades Serentak 2021. Kini, para bakal calon Kepala Desa (Balon Kades) mengikuti tes wawancara yang diselenggarakan di Aula Kantor Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Polewali Mandar, Rabu 22/9/2021.

Saat dikonfirmasi, kepala dinas PMD, Andi Nursami Masdar menyebutkan, tes wawancara diikuti sebanyak 41 balon kades dari 2 kecamatan yakni, kecamatan Limboro sebanyak 30 peserta dan Bulo 11 peserta.

Sementara selaku penguji pada tes wawancara tersebut, terdiri dari Asisten I dan II Pemkab Polman, Perwakilan Polri, Perwakilan TNI, Kejaksaan dan Akademisi.

Adapun kisi-kisi pertanyaan yang disampaikan kepada para Balon Kades yaitu, mulai dari pengembangan Inovasi Desa, Visi-Misi tentang Bumdes. Selain itu, Pengolahan Dana Alokasi Desa, Dana Desa. Serta Pengawas tertinggi di Desa, dan Luas Wilayah Desa, hingga persoalan pajak juga menjadi bahan pertanyaan.

“Terkait materi dan teknis ujian wawancara pada hari ini. Pertama terkait Sistem Pemerintahan baik pemerintah desa, sekretaris desa dan pelayanan desa. Trus kedua, terkait pengawasan dana desa, penggunaan dana desa, pengelolaan dana desa. Terkait tatanan pemerintah, terkait politik yang ada di desa biar kondusif Pemerintahan di desa,” Jelas Sekretaris Panitia Yudianto Syahrir.

Mengikuti tes wawancara, salah satu Balon Kades dari Desa Tandasura Kecamatan Limboro. Punding, mengatakan, apa yang ditanyakan sesuai kisi-kisi yang disampaikan panitia Pilkades sebelumnya.

Ia berharap kedepan nya hasil tes wawancaranya mendapatkan nilai yang memuaskan sesuai apa yang dijawab-kan kepada pe-wancara.[*]