Tiga Bentuk Kegiatan Kerja Sama Ponpes Al Risalah dengan 7 Kepala Desa

Pimpinan Pondok Pesantren Al Risalah, Ust. Mudir sedang menandatangani nota kesepahaman mengenai tiga bentuk kegiatan bersama 7 Desa Se-Kecamatan Binuang, Sabtu 11/01/2020.
Pimpinan Pondok Pesantren Al Risalah, Ust. Mudir sedang menandatangani nota kesepahaman mengenai tiga bentuk kegiatan bersama 7 Desa Se-Kecamatan Binuang, Sabtu 11/01/2020.

Pondok Pesantren Al Risalah Batetangnga, Kecamatan Binuang Polewali Mandar teken nota kesepahaman (MoU) mengenai tiga bentuk kegiatan yang telah disepakati dan ditandantangani 7 Kepala Desa dan Satu Kelurahan se-Kecamatan Binuang.

Tiga bentuk kegiatan yang menjadi persetujuan antara pihak Ponpes dan Ke 8 Desa/Kelurahan se-Kecamatan Binuang  yaitu kegiatan Khutbah Jum’at dan ceramah Hari-hari Besar Islam, persetujuan melakukan Kajian dan pengajian, baik eksidentil maupun terjadwal. Bentuk persetujuan ketiga, yaitu dengan  melakukan kegiatan Bakti sosial.

Penandatanganan kesepakatan tiga bentuk kegiatan tersebut dilakukan saat pelaksanaan peringatan maulid Nabi Muhammad Saw dan acara Khatam Sharaf yang ke V di Pondok Pesantren Al Risalah Batetangnga, Sabtu 11/01/2020.

Acara yang dihadiri ribuan masyarakat beserta para pejabat pemerintah Kabupaten Polman seperti Wakil Bupati, Kabag Humas Polman, Kabag Kesra. Selain itu, hadir pula Anggaota DPRD Provinsi Sulawesi Barat dan Kabupaten Polman, Kementerian Agama Wilayah dan Kabupaten, serta 6 kepala Desa yang ada di Kecamatan Binuang.

Dari tiga bentuk kegiatan dalam MoU tersebut, Sesuai yang termaktub dalam Undang-undang Pesantren Nomor 18 Tahun 2019. pondok pesantren melaksanakan tiga fungsi yaitu, bergerak pada bidang pendidikan, dakwah, dan pemberdayaan masyarakat.

Pengasuh Pondok Pesantren Al-Risalah Ust. Mudir mengatakan, acara kerjasama ini diharapkan sebagai lahan pengabdian pondok serta sebagai upaya menjadikan desa tersebut sebagai laboratorium praktik bagi santri dan juga para dewan guru.

Begitu pula dengan para kepala desa yang sangat senang dan berterima kasih karena telah mendukung program-program desa dan membantu merealisasikan tanggung jawab mereka.

Foto: Pimpinan Ponpes Al Risalah dan H. Muhdin Bedong (Pengurus Yayasan Harisah al-Gifary, serta 7 Kepala Desa Se-Kecamatan Binuang

Pondok pesantren yang baru berusia 4 tahun ini diketahui telah terakreditasi “A” dengan jumlah santri/santriwati sebanyak 700-an tidak henti-hentinya melakukan inovasi.

“Alhamdulillah santri saat ini sudah 700an orang, maka wajar bila maulid dihadiri oleh ribuan orang”. Ujar Ketua Yayasan Harisah al-Gifary Muh Ali Rusdi Bedong, di sela-sela kegiatan.

Wakil Bupati HM. Natsir Rahmat, MM dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan dukungannya dengan adanya penandatanganan kerjasama tersebut. Selain itu, Wakil Bupati Polman itu juga berjanji akan memberikan bantuan kepada pondok pesantren al-Risalah yang telah membantu pemerintah daerah dalam mewujudkan Polman yang Malaqbi’.

Setelah menyaksikan penampilan para santri dan santriwati saat kegiatan berlangsung, Wakil Bupati 2 periode tersebut. Langsung menginstruksikan kepada Kabag Kesra agar para santri itu ditampilkan pada kegiatan keagamaan tingkat kabupaten seperti MTQ.[rsl]*

Pembukaan PIFAF 2019
Foto: Pembukaan PIFAF 2019 Polewali Mandar Berlangsung Meriah