#

Tingkatkan Budaya Literasi, Mahasiswa KKN PUMD Unasman Hadirkan Perpustakaan Keliling di Pelosok

Perpustakaan Keliling
Antusias Siswa MI DDI Biru saat Mobil Perpustakaan Keliling hadir di Sekolahnya

Mahasiswa Universitas Al-Asyariah Mandar (Unasman). Menghadirkan perpustakaan keliling dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Polewali Mandar di Pelosok Desa Batenangnga. Kamis (8/9/2022).

Selain bertujuan meningkatkan budaya literasi di daerah pelosok. Hal tersebut juga jadi salah satu program kerja Unasman membangun Desa melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang tengah di jalankan Mahasiswa Unasman.

“Budaya literasi sangat sesuai di Dusun Eran Batu. Selain kami menganggap daerah ini adalah salah satu tempat yang terisolir. Maka, tentu itu juga mempengaruhi perkembangan sumberdaya manusia.” Ungkap Arham Mahasiswa KKN Unasman.

Hadirnya Perpustakaan Keliling di Dusun Eran Batu Desa Batetangnga pun, langsung diserbu para siswa Madrasah Ibtidaiyah Darud Da’wah Wal-Irsyad Biru. Mereka nampak antusias membaca buku di pelataran sekolah.

Salah satu Guru MI DDI Biru mengaku, siswanya memiliki minat baca yang cukup baik. Namun pasilitas yang di miliki sekolah kurang memadai. Untuk itu kehadiran Perpustakaan Keliling ini langsung di serbu para siswa.

“Memang minat bacanya ada, memang bisa, hanya bukunya begitulah, terbatas bukunya. Tadinya sudah di baca, besoknya itu lagi yang di baca” Ungkap Burhan, Guru MI DDI Biru Dusun Eran Batu.Kamis (8/9).

“Sebelumnya ada perpustakaan keliling yang di adakan desa, cuman satukali seingat saya sampai di sini, di serbu anak anak bukunya di ambil di baca, dan baru kali ini lagi ada masuk, ini yang kedua kalinya.” Tambahnya.

Sementara itu, Siti Nadra selaku Kepala bidang Pengolahan, pelestarian, Pelayana Perpustakaan Daerah, yang turut hadir bersama Perpustakaan Keliling-nya berharap. Masyarakat, serta generasi Eran Batu dapat meningkatkan minat literasi-nya untuk memperbaiki sumber daya manusia, kususnya di Desa Batetangnga.

“Kami dari dinas perpustakaan berharap bagai mna masyarakat di sini meningkatkan minat bacanya, literasi-nya. Karena ini sangat penting untuk meningkatkan SDM-nya di dusun ini, atau di desa ini,” ungkapnya.

Selain hadir membawa Perpustakaan Keliling, Dinas Perpustakaan dan Arsip Polewali Mandar juga menyumbang buku untuk mengisi Rumah Baca yang telah di bangun Mahasiswa KKN Unasman.[*]