Tingkatkan Kapasitas Pendamping Desa, DPMD Sulbar Lakukan Pelatihan

Para Pendamping desa Se Sulawesi Barat mengikuti pelatihan peningkatan kapasitas pendampingan di Hotel Maleo Mamuju (1)
Para Pendamping desa Se Sulawesi Barat mengikuti pelatihan peningkatan kapasitas pendampingan di Hotel Maleo Mamuju, Sulbar

Mamuju | Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) melaksanakan pelatihan guna meningkatkan kemampuan Pendamping Desa (PLD) dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Hotel Maleo Mamuju, Sulbar, Selasa 03/12/19.

Peningkatan kapasitas PLD dilaksanakan berlangsung 4 hari (2-6/12) dihadiri 100 peserta PLD dari 6 Kabupaten yang ada di Provinsi Sulbar.

Dirjen Kemendes Nurcholis dalam sambutannya dia mengatakan, bersyukurlah pada pendamping desa yang mengikuti pelatihan peningkatan kapasitas. Banyak provinsi yang juga ingin melaksanakan tetapi, lanjutnya mereka tidak dapat melaksanakan kegiatan pelatihan.  

“Karena anggaran sangat terbatas maka bersyukurlah PLD Provinsi Sulbar dalam melaksanakan kegiatan ini”. Ungkapnya

“Saya mengharap setela kegiatan ini PLD dapat lebih melihat pembangunan yang ada di desa.” Lanjutnya

Di lain itu, Konsultan Nasional pembangunan desa itu, menganggap pelatihan yang dilaksanakan, menjadi bahan refleksi selama lima Tahun terakhir guna mengukur kinerja para pendamping desa.

“Pelatihan ini sebenarnya bukan untuk penguatan pada PLD tetapi pada merefleksikan atau mereview kembali selama 5 tahun ini”. tutur Nurcholis

Kepala Dinas DPMD Provinsi Sulbar Muh Juan mengatakan, pelatihan peningkatan kapasitas pendamping desa tersebut dilakukan setiap tahun. Hal ini, lanjutnya agar mereka lebih memahami tupoksi sebagai mendampingi desa.

Muh Juan juga berpesan kepada PLD yang hadir dalam pelatihan tersebut, agar para pendamping desa bukan untuk mengajari desa, namun menjadi fasilitator atau mengabdi dalam pembangunan desa.

“Jika PLD mendapatkan masalah di desa, terkait pendampingan, jangan menyelesaikannya sendiri. Lakukan super visi berjenjan dari tingkat pendamping kecamatan sampai tingkat pendamping kabupaten”. Ungkapnya saat memberikan dalam sambutannya, Rabu (03/12).

Pada pelaksanaan pelatihan peningkatan kapasitas PLD, dibagi dala 3 kelas agar lebih efektif dan efisien dalam mencerna pengetahuan terkait pendampingan di desa. [pattae.com]

Kontributor/Penulis: Ridwan*
Editor: Bustamin Tato*

Destinasi Wisata Batu Pelangi Desa Kaleok