Tingkatkan Kualitas Pendidikan, DP Polman Sharing ke Pengelolah Sekolah

Kualitas Pendidikan
Pengurus Dewan Pendidikan bersama para Kepala sekolah dari SD-SMP beserta para pengawas Sekolah.

Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Polewali Mandar, Dewan Pendidikan (DP) Kabupaaten Polman duduk bersama para pelaku pendidikan tingkat SD dan SMP.

Mereka sharing pendapat mengenai sistem pembelajaran dan kurikulum mutakhir. Pertemuan itu dilaksanakan di sekolah SDN 001 Polewali, Sabtu (9/10/2021).

Agar lebih mengetahui perspektif dunia pendidikan di Kabupaten Polewali Mandar kedepannya, baik pengurus Dewan Pendidikan Kabupaten Polman maupun para pengelolah sekolah membutuhkan adaya sharing.

Pada pertemuan itu, Dewan Pendidikan melibatkan 6 Kepala Sekolah dari tingkat Sekolah Dasar dan 4 Kepala Sekolah dari tingkat SMP. Selain itu, juga melibatkan para pengawas masing sekolah.  

Pembahasan penting pada sharing tersebut, Mukhlis Hannam selau ketua Dewan Pendidikan mengatakan, sebagai gerakan awal untuk mengetahui seperti apa proses pembelajaran dimasa pandemi Covid-19. Bagaimana jalannya Pembelajaran Tatap Muka (PTM) yang saat ini berjalan hingga pasca pandemi nantinya.

“Yang diundang ini sekolah yang ada diperkotaan dulu untuk mendengarkan informasi yang berkaitan dengan proses pembelajaran dari masa pandemi, maupun PTM hari ini. Dan bagaimana Pasca pandemic dengan adanya perubahan kurikulum yang disederhanakan. Bagaimana pelaksanaan dan aplikasinya di lapangan,” ungkap Ketua DP Kabupaten Polman Mukhlis saat dikonfirmasi Via Telpon.

Mukhlis yang juga diketahui merupakan salah satu Dosen di Unasman mengaku, telah mengetahui seperti pelaksanaan proses pembelajaran daring saat pandemi. Dari sharing yang ia lakukan bersama para pengelolah sekolah.

Dari hasil diskusi tersebut,  kata Mukhlis, akan menjadi perbandingan Dewan Pendidikan saat melakukan pemantauan sekolah-sekolah yang ada di pelosok.

Ia berharap, ada input dari luar terutama dari stakeholder pendidikan dan output dari Dewan Pendidikan sendiri untuk memproses dan menganalisis. Sebagai lembaga mandiri yang independen, dan bergerak di tengah masyarakat, Dewan Pendidikan hadir dalam meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan di Kabupaten Polman.[*]