Tips Belajar yang Baik dan Efektif

Tips Belajar dengan Baik dan Efisien (1)
Tips Belajar dengan Baik dan Efisien. sumber gambar dari Pisikologihore.com

Belajar merupakan aktivitas seseorang dalam memahami suatu pengetahuan,  apapun itu. Misalnya, wawasan tentang pengetahuan budaya, kesenian, teknologi, alam, sosial, politik, sekolah, dan lain sebagainya.

Belajar tentu menjadi hal yang perlu di lakukan, agar dapat meluaskan pemikiran serta mengetahui ilmu yang terbentang luas di alam ini. Seseorang yang dianggap belajar, ketika ia bisa menunjukkan perubahan dalam dirinya.

Dalam proses pembelajaran, tidak hanya dilakukan murid sekolah namun, semua manusia di haruskan tuk belajar. Mengutip kata-kata bijak Tempat belajar itu, bisa dimana saja dan tak ada kata terlambat untuk belajar”.

Jika anda sulit tuk belajar, atau bingung memulai darimana tuk bisa belajar. Pada kesempatan ini admin akan berbagi tips, cara belajar yang menarik, efesien serta muda di pahami.

Pertama: Berdoa-lah

Agar belajar mudah di pahami, terlebih dahulu kita berdoa kepada Allah S.W.T sehingga belajar kita dapat di lancarkan dan di berikan kemudahan dalam belajar. Karena itu, kita di anjurkan terlebih dahulu untuk berdoa agar proses belajar kita di mudahkan dan dilancarkan

Kedua: Perbanyak Bertanya

Saat kita mempunyai masalah saat belajar, maka kita harus bertanya pada orang yang paham tentang masalah tersebut.

Sekarang ini, kita tentu tahu tentang google, dimana semua informasi terdapat didalamnya dengan lengkap. Jadi, masalah dalam belajar semuanya bisa diatasi dengan cara bertanya kepada orang mengetahuinya.

Ketiga: Berantailah Selama Belajar

Otak dan tubuh tentunya memerlukan waktu untuk istirahat. Ketika merasa lemas, maka kita perlu beberapa waktu untuk istirahat sehingga aktifitas tubuh dan otak kembali fresh dapat belajar dengan efektif dan baik

Keempat: Memahami yang Sudah Dibaca

Sehabis kita membaca berbagai macam bacaan yang telah kita baca,kita harus memahami apa yang telah kita baca. Kenapa kita harus memahaminya ? sebab kalo kita menghafal bacaan yang telah kita baca, itu akan lebih susah lagi untuk masuk didalam pikiran kita.

Kelima: Belajar Kelompok Serta Perbanyak Sharing Informasi

Melalui belajar kelompok, kita bisa meringankan dengan berbagi atau berdiskusi dengan kelompok belajar kita ketika belajar. Contohnya, jika kita tidak mengerti materi, dapat kita tanyakan kepada rekan kelompok kita.  Manfaat belajar kelompok, kita dapat bertukar pikiran, mendapatkan berbagai informasi, dan menambah pengetahuan belajar kita.

Keenam: Catat Poin-poin Penting

Catat poin-poin penting yang selesai dibaca, sebab kita mempunyai batasan daya ingat. Sehingga, kita sering lupa bacaan yang telah kita baca.

Nah, ketika kita lupa apa yang telah dibaca, kita masih bisa membuka catatan yang telah dicatat dan tak lagi membaca yang kedua kalinya bacaan kita tadi.

Ketujuh: Mengingat Kata Kunci

Ketika membaca, kita perlu mengingat poin-poin terpenting saja dari bacaan yang sudah kita baca. Setelah kita mengingat poin terpentingnya, maka kita bisa menyimpulkan apa yang telah kita baca tadinya.

Kedelapan:  Membacalah

Hal terpenting dalam belajar adalah dengan membaca. Orang yang senang membaca mestilah mendapat ilmu yang lebih dari pada orang yang tidak senang atau jarang membaca. karena membaca, kita akan mendapatkan ilmu dari materi yang telah kita baca.

Maka dari itu, kita perlu memperbanyak membaca buku agar muda memahami dan mengetahui sesuatu yamg kita ingin pelajari.

Kesembilan:  Memilih Waktu yang Tepat dalam Belajar

 Mengambil waktu yang tepat dalam belajar juga menambah kemampuan kita saat belajar.ketika kita belajar saat suasana hati kita karu-karuan atau terlalu banyak memikirkan sesuatu, maka dari itu otak kita kesusahan mendapatkan ilmu pada saat belajar.

Ketika ingin belajar, waktu yang tepat dalam belajar pada saat pagi hari, sebab suasana membuat stamina kita segar dan belum banyak memikirkan sesuatu.

Kesepuluh: Lokasi Belajar yang Nyaman

Ketika kita ingin belajar, pastinya kita ingin suasana yang nyaman dan tenang, Agar kita dapat fokus belajar dan konsentrasi pada pelajaran.

Semisalnya kita belajar di tempat yang bersih, ruangan yang nyaman, tidak terdengar suara berisik, tempat yang wangi dan sebagainya. Pasti kita lebih nyaman untuk belajar.

Seseorang yang ingin banyak mengetahui apapun, langkah awalnya adalah belajar.  Belajar itu tidak merugikan kita, justru mendatangkan manfaat yang banyak untuk kita dalam kehidapan.

Walaupun  belajar hanya dalam 15 menit sehari saja dalam seminggu, cara belajar seperti itu akan menunjukkan kemajuan yang signitif. Maka dari sekarang perbanyaklah belajar, belajar dan belajar.(Pattae.comOmbe)

Agama adalah refleksi diri
Berkah Hari Ke 15 Ramadan: Tentang Agama adalah Refleksi Diri