TPA Binuang Ditutup Desember 2021 Mendatang

TPA Binuang Over Kapasitas
TPA Binuang

Bupati Polewali Mandar Andi Ibrahim Masdar melayangkan surat pernyataan bertanggal 8 Juni 2021 yang berisi, TPA Binuang ditutup pada Desember 2021 mendatang.

Surat pernyataan tersebut keluar berdasarkan keinginan warga Desa Paku yang bermukim di sekitar Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah menginginkan TPA Binuang di tutup secara permanen.

Warga menilai, TPA tersebut telah over kapasitas sehingga mengeluarkan limbah dan bau yang mengganggu warga sekitar tempat pembuangan sampah. Sebelumnya, warga sekitar sempat melakukan aksi blokade jalur masuk TPA sebagai bentuk protes atas pengelolaan sampah yang tak kunjung ada penyelesaian.

Beberapa kali pemerintah setempat melakukan negosiasi. Meminta warga membuka kembali TPA namun, warga tetap pada keputusannya untuk memblokade mobil angkutan sampah hingga TPA ditutup.

Tumpukan sampah sempat menjadi pemandangan di beberapa titik di Polewali Mandar. Hal itu diakibatkan aksi blokade warga dan mahasiswa yang berlangsung beberapa hari. Hingga Akhirnya Bupati Polewali Mandar mengeluarkan surat pernyataan menutup TPA Binuang yang dimulai bulan Desember mendatang.

Surat Pernyataan Bupati Polewali Mandar

Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Polewali Mandar Hj. Rahmi membenarkan adanya surat pernyataan Bupati Polman terkait penutupan TPA Binuang. Lebih lanjut Rahmi meminta warga untuk mengelola sampah masing-masing hingga dibukanya kembali lokasi TPA yang baru.

“Solusinya adalah pengurangan /mengelola sampah masing2. DLHK( Pemerintah mau mengelola/ mengangkut )  akan ditutup TPA. Lokasi TPA yang baru sudah ada yang di survey,” tutur Kadis DLHK Hj. Rahmi saat di hubungi via WhatsApp, Rabu (9/6).

Sesuai informasi yang didapat. Pihak pemerintah berencana akan membuka lahan TPA baru yang berlokasi di di Desa Beroangin, Kecamatan Mapilli dan Desa Tenggelang, Kecamatan Luyo.

“Kemarin itu, Andi Bebas Manggazali Sekda (Polman), turun langsung meninjau dua calon lokasi pemindahan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Amola (Binuang). Bertempat di Desa Beroangin, Kecamatan Mapilli dan Desa Tenggelang, Kecamatan Luyo,” ungkap Kasubag Humas Pemda Polman.

Kedua lokasi tersebut masih dalam peninjauan sehingga, pengelolaan sampah di Polewali Mandar sementara waktu dipusatkan di lokasi tempat pembuangan sampah lama sebelum TPA Binuang ditutup bulan Desember mendatang.(*)

Kontributor: Sulfa Raeni*
Penulis: Bustamin*