Tradisi Mangngonggo Buah Dihadiri Orang Nomor Satu di Polman

Bupati Polman dan jajarannya hadiri kegiatan tradisi mangngonggo buah di Kelurahan Amassangan
Bupati Polman dan jajarannya hadiri kegiatan tradisi mangngonggo buah di Kelurahan Amassangan

Tradisi Mangngonggo buah yang digelar di Dusun Tandakan Kelurahan Amassangan Kabupaten Polewali Mandar berlangsung meriah. Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh Bupati Polman, Kamis (23/01/2020).

Tradisi Mangngonggo buah, merupakan tradisi masyarakat setempat untuk menggambarkan rasa kesyukuran mereka atas  limpahan buah yang ada di Kelurahan tersebut. Tradisi itu dilakukan dengan melewati beberapa tahapan.

Tahap pertama adalah mengumpulkan buah tersebut selama dua hari dua malam sehingga tidak ada transaksi jual beli saat itu. Kedua pemanjatan doa, dengan harapan musim buah tahun ini mendapat keberkahan. Terakhir adalah kegiatan  makan bersama dengan masyarakat setempat dan tamu undangan yang hadir.

Sambutan Bupati Polewali Mandar di acara tradisi mangngonggo buah Kelurahan Amassangan

Abd. Majid, dalam sambutannya menyampaikan. “Kegiatan ini adalah kegiatan rutinitas yang kita adakan setiap tahun. Cuman baru kali ini kita mengundang bapak Bupati beserta rombongan untuk hadir bersama kita. Ini adalah satu kebanggaan kami, kekaguman kami kepada bapak Bupati” Ungkapnya.

Lurah tersebut melanjutkan sambutannya, ia mengungkap sedikit sejarah tantang tradisi mengngonggo buah yang mereka laksanakan di wilayahnya. “Dan mangngonggo ini adalah tradisi kami  selama dua hari dua malam buah yang ada disini sejarah nya adalah leluhur dari pendahulu kami bahwa selama dua hari dua malam to malabbita to makaka yang ada di kampung sini akan menutup kawasan disini memasang tanda (onggo) itu sejarahnya” Jelas Abd. Majid

Terakhir ia menyampaikan sambutannya yang kerap diselingi candaan yang mengundang tawa tamu undangan. “Saya menyampaikan permohonan maaf dari kami kepada bapak Bupati apabila pelayanan kami ini kurang berkenan untuk seluruh undangan” Tutup Abd. Majid

Sementara itu. Bupati Polewali Mandar, Andi Ibrahim Masdar yang juga hadir pada kegiatan tersebut menyampaikan rasa bahagia atas kehadirannya ditengah masyarakat kelurahan Amassangan.

Orang nomor satu di Polman itu menyampaikan sambutannya “Hari ini saya menghadiri acara adat mangngonggo durian di Kelurahan Amassangan, saya juga selama ada dikatakan mangngonggo ini baru hari ini saya hadir.  karena hari-hari yang lalu saya tidak ada di Polewali” Ungkap Andi Ibrahim Masdar.

terakhir Ia memberikan himbauan agar masyarakat tidak semena-mena dalam menebang pohon durian yang ada di Kelurahan Amassangan dan berharap kepada seluruh tokoh masyarakat yang sudah mengadakan kegiatan tersebut, semoga bisa dilanjutkan terus dengan baik. [Pattae.com]

Ustadz Yusuf Mansur mengisi Tablig akbar dalam rangka HUT ke 16 Pasangkayu. Photo: Erlank
Ustadz Yusuf Mansur Hadiri Tablig Akbar dalam Rangka HUT Ke-16 Pasangkayu