Tugas dan Fungsi Lembaga Adat Menurut UU Desa

lembaga Adat desa
Tarian Eran Batu tradisi budaya masyarakat Pattae

Lembaga adat Desa telah tertuang dalam Undang-undang tahun 2015 tentang Desa yang mengatur tugas dan fungsinya. Ketentuan itu, tidak menghilangkan adat istiadat yang sudah terbangun sejak lama dalam suatu masyarakat.

Berbagai macam aturan desa juga tertuang dalam dokumen tersebut. Mulai dari penyelenggaraan pemilihan desa, hingga penggunaan anggaran yang bersumber dari pemerintah pusat.

Suatu organisasi yang menangani aturan-aturan atau adat- istiadat yang berlaku dalam suatu masyarakat kampung/ Desa.  Lembaga adat ini diluar dari struktur pemerintah Desa artinya, ia berdiri sendiri.

Terbentuknya lembaga adat ini, mungkin masih banyak yang belum mengetahui, atau belum tahu apa-apa saja tugas dan fungsinya dalam undang-undang tersebut.

Bentuk lembaga tersebut, sesuai dengan amanat Undang-undang (UU) Desa Nomor 15 tahun 2015 pasal 95 ayat (1). Berbunyi “Pemerintah Desa dan masyarakat Desa dapat membentuk lembaga adat Desa”.

Nah, pada tulisan kali ini, admin akan mencoba memaparkan sedikit banyaknya fungsi dan tugas lembaga adat menurut UUD Desa Nomor 15 Tahun 2015 itu.

Lembaga Adat Menurut UU Desa

Pada bagian ini, UU mengatur tentang Lembaga Adat Desa. Keberadaannya, menjadi bagian tersendiri dalam memberikan tugas dan fungsi, mengembangkan adat istiadat suatu masyarakat desa. Sesuai UU, fungsinya terdapat pada pasal 95 ayat (2) yang berbunyi:

“Lembaga adat Desa sebagaimana dimaksud pada ayat (1) merupakan lembaga yang menyelenggarakan fungsi adat istiadat dan menjadi bagian dari susunan asli Desa yang tumbuh dan berkembang atas prakarsa masyarakat Desa”.

Pada UU Desa tersebut,  menekankan bahwa fungsi adat dapat diselenggarakan sesuai hukum adat di Desa. Artinya, fungsi lembaga tersebut lahir dari kebutuhan dan keinginan masyarakat.

Untuk tugasnya, dijelaskan dalam UU Desa pasal 95 ayat (3) yang berbunyi sebagai berikut:

“Lembaga adat Desa sebagaimana dimaksud pada ayat (1) bertugas membantu Pemerintah Desa dan sebagai mitra dalam memberdayakan, melestarikan, dan mengembangkan adat istiadat sebagai wujud pengakuan terhadap adat istiadat masyarakat Desa”.

Tugas-tugas daripada lembanga tersebut yaitu menjalankan aturan-aturan adat. Namun, aturan adat tersebut tentunya tidak bertentangan dengan pemerintah Desa sebagai perwakilan Negara.[pattae.com]

Penulis: Bustamin TaTo*

PIFAF Polewali Mandar
PIFAF 4 2019 Polewali Mandar Melibatkan 7 Negara