Tumbuhkan Nilai Pancasila Pelajar Melalui Program BPHN Mengasuh

Program BPHN
LBH Sulbar jalan Program BPHN

Lembaga Bantuan Hukum Sulawesi Barat (LBH Sulbar) melaksanakan kegiatan pembinaan hukum dan nilai pancasila. Kepada para pelajar SMP Negeri 6 Polewali, Polewali Mandar, Selasa 21/3/2023.

Kegiatan yang digagas Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (KemenkumHAM) melalui Badan Pembinaan Hukum Nasional atau “BPHN Mengasuh”. Program ini serentak digelar di berbagai wilayah Indonesia mulai 20 Maret sampai 14 April 2023..

LBH Sulbar sebagai mitra dalam program BPHN Mengasuh Kemenkumham Sulbar, memberikan pemahaman kepala pelajar terkait nilai-nilai pancasila.

“Hal itu berangkat dari keprihatinan atas semakin maraknya kasus kenakalan dikalangan pelajar yang mengarah pada tidak pidana,” tutur Abdul Kadir, Direktur LBH Sulbar. “Hal ini pula ditengarai kurangnya tingkat pemahaman dan aktualisasi nilai-nilai Pancasila dikalangan pelajar,” lanjutnya.

Menurut Kadir, Banyak pelajar saat ini, tidak paham Pancasila sebagai konsep dasar negara. Bahkan kata dia, sila Pancasila pun banyak pelajar tak paham urutannya.

“Sangat berbeda jika dibandingkan dengan masa sebelum era reformasi. Dimana, sila-sila Pancasila menjadi hapalan diluar kepala yang wajib bagi setiap pelajar. Mulai dari jenjang pendidikan SD, SMP dan SMA,” jelas Kadir.

Kurang pahamnya para pelajar tentang nilai-nilai Pancasila, kata Kadir, berdampak maraknya tindak pidana yang terjadi dikalangan pelajar. Baik sebagai pelaku maupun sebagai korban nyaris menjadi konsumsi rutin yang menghiasi pemberitaan.

Dengan menyasar pelajar mulai tingkat SD, SMP dan SMA. Program ini bertujuan untuk menumbuhkan kembali nilai-nilai Pancasila dikalangan Pelajar. Sebagai upaya untuk menjaga ketahanan bangsa.

“Pelajar sebagai penerus perjuangan bangsa adalah merupakan tonggak utama dalam mempertahankan keutuhan NKRI yang kuat dan bermartabat,” imbuhnya

Lanjut Direktur LBH Sulbar menyampaikan, Provinsi Sulawesi Barat, khususnya di Kabupaten Polewali Mandar. Tingkat kejahatan yang terjadi dikalangan pemuda/pelajar terbilang tinggi dengan berbagai jenis kejahatan.

Sehingga, kata dia, patut untuk menjadi keprihatinan bersama dan mengambil peran aktif sebagai suatu upaya meyelamatkan generasi penerus bangsa.

Tempat pelaksanaan kegiatan BPHN Mengasuh dilaksanakan di SMP Negeri 6 Polewali yang berlokasi di Kelurahan Takatidung. Kecamatan Polewali, Kabupaten Polewali Mandar pada hari Selasa tanggal 21 Maret 2023.

Lokasi ini adalah merupakan lokasi pertama yang menjadi titik pelaksanaan kegiatan, dimana dalam perencanaannya akan dilakukan di tiga titik dengan lokasi dan waktu yang berbeda.[*]