Tunggakan Iuran Peserta BPJS Kesehatan Mendapat Relaksasi hingga Akhir Tahun

Tunggakan Iuran BPJS Kesehatan
Gambar: pattae.com

PaTTaE.com – POLMAN | Banyaknya masyarakat mengalami tunggakan iuran BPJS. Menjadi alasan utama pihak Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Pusat mengeluarkan Kebijakan memperpanjang masa tagihan. Kepada peserta JKN-KIS Mandiri di semua daerah di Indonesia, tak terkecuali di Polewali Mandar, Sulawesi Barat.

Perpanjangan masa tagihan (relaksasi) tersebut, bertujuan untuk meringankan beban masyarakat peserta JKN-KIS dalam membayar iuran yang selama ini mengalami penunggakan.

Kepala Cabang BPJS Polman, Heri Zakaria mengatakan, iuran peserta JKN-KIS Mandiri yang menunggak dapat di angsur sesuai masing-masing kelas. Hal itu ungkapnya, berlaku hingga akhir tahun 2020.  

“Bagi peserta yang menunggak, BPJS memberikan keringanan untuk membayar tunggakan-nya selama 6 bulan dan tunggakan selanjutnya bisa di angsur dengan kelipatan mengikut kelasnya. Dan ini hanya berlaku hingga 31 Desember mendatang,” ucap Heri Zakaria usai mengadakan pertemuan dengan beberapa Elemen Masyarakat di Cafe Batistuta, Senin (31/8/2020).

Selain itu, Heri juga menambahkan, Kantor BPJS membuka pelayanan bagi masyarakat yang ingin menggunakan Fasilitas tersebut.

Lebih lanjut, bagi peserta yang ingin mendaftarkan diri bisa juga melalui aplikasi Mobile JKN atau BPJS kesehatan dengan menghubungi Care Center 1500400.

Lalu bagaimana cara mendaftarkan diri untuk mendapat keringanan tunggakan melalui mobile JKN. Berikut beberapa langkah-langkahnya

  • Daftar/Login aplikasi Mobile JKN, kemudian pilih menu program relaksasi tunggakan.
  • Pilih pendaftaran, kemudian pada aplikasi akan menampilkan data tunggakan peserta yang berhak mengikuti program relaksasi tunggakan. Bagi peserta yang tidak berhak akan ada keterangan status bahwa tidak berhak mengikuti program relaksasi tunggakan.
  • Pilih jumlah tunggakan kemudian muncul total iuran yang harus dibayar (termasuk jumlah iuran bulan berjalan) serta sisa tunggakan iuran.
  • Peserta melakukan persetujuan pendaftaran program tunggakan, selanjutnya akan muncul notifikasi berhasil.
  • Pembayaran sudah dapat dilakukan keesokan harinya pada kanal yang telah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

Peluncuran program relaksasi tunggakan itu, bukanlah pembebasan iuran BPJS yang mengalami kemacetan. Namun, tidak lain sebagai penunda waktu agar masyarakat dapat meng-ansur iuran BPJS-nya yang mengalami penunggakan.[*]