UKM Samaturu Mengolah Rumput Laut Menjadi Berbagai Jenis Makanan

Rumput Laut
Rumput laut diolah menjadi Kerupuk, dan lauk pauk hasil olahan UKM Poklahsar Samaturu

PaTTaE.com – POLMAN | Menjadi bahan dasar pembuatan agar-agar, Rumput laut ternyata juga bisa di olah menjadi berbagai jenis makanan lain.

Kelompok pengolahan dan pemasaran (Poklahsar) Samaturu Kelurahan Lantora, Kecamatan. Polewali, Kabupaten Polewali Mandar. Merupakan salah satu UKM yang mengelola jenis tumbuhan Alga tersebut menjadi Kerupuk, Jus, Permen, hingga lauk pauk.

Hermia, bersama 10 anggota UKM lainnya memulai usaha pengolahan tumbuhan laut tersebut, sejak tahun 2012.

Berangkat aktivitas masyarakat pesisir membudidayakan tumbuhan laut, menjadi peluang Hermia bersama anggotanya sebagai ladang usaha.

Pengetahuan mengolah tumbuhan laut menjadi kerupuk, permen, kue, jus dan juga lauk pauk, didapat dari pelatihan yang pernah di ikuti-nya

Hasil olahan UKM Poklahsar Samaturu yang berbahan dasar rumput laut tersebut, di pasarkan sekitar lingkungan Lantora dengan harga pariatif sesuai jenis olahannya.

Untuk kerupuk di jual dengan harga Rp 70.000 per kilo. Jus Rp 5.000 per gelas. Sedangkan jenis Kue dijual seharga Rp 30.000 per loyang.

Selaku ketua UKM Poklahsar Samaturum, Hermia mengaku mendapat omset penjualan per bulan-nya sekitar Rp 500.000. Jumlah tersebut menurutnya masih terbilang kecil bagi usaha yang sudah berdiri 8 tahun itu.

Kurangnya informasi hasil olahan mereka ke konsumen. Menjadi salah satu penyebab, omset penjualan makanan mereka belum mencapai target yang di inginkan.   

Kandungan Rumput Laut

Berdasarkan informasi yang lansir dari laman aladokter.com, terkait mengkonsumsi rumput laut, menjelaskan banyak manfaat.

Pada laman tersebut dijelaskan, Rumput laut atau seaweed terdapat banyak kandungan. Selain Karbohidrat, protein, dan serat, juga berbagai kandungan vitamin.

Selain itu, kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh seperti mineral, magnesium, Mangan, Yodium, Kalium, Sodium, Kalsium, Folat, Zat Besi, Tembaga, Fosfor, Kolin, dan antioksidan, juga terdapat pada tumbuhan jenis Alga tersebut.

Disamping itu, dengan mengkonsumsi seaweed tersebut, juga memiliki manfaat lain seperti meningkatkan fungsi tiroid, kesehatan jantung, serta menstabilkan gula darah dalam tubuh.

Bagi yang ingin menjalankan program diet, disarankan untuk mengkonsumsi tumbuhan laut tersebut guna membantu menurunkan berat badan. Dan masih banyak lagi manfaat lain yang di hasilkan saat mengkonsumsi rumput laut.[*]