Unasman Kembali Menjadi Kampus Diklat Calon Kepala Sekolah

Diklat Calon Kepala Sekolah
Penandatanganan kerja sama antara Pihak Kampus Unasman dan Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Barat.

Universitas Al Asyariah Mandar (Unasman) kembali menjadi kampus Diklat calon Kepala Sekolah di Provinsi Sulawesi Barat.

Hal itu ditandai dengan kembalinya Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) membangun kerjasama dengan Unasman sebagai  Lembaga Penyelenggara Diklat (LPD).

Penanda tanganan Kerjasama itu, dilakukan langsung kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Sulawesi Barat Prof. Gufran Darma Dirawan, di ruang Mahkamah Konstitusi Unasman, Senin (23/8/2021).

Setelah menandatangani dokumen kerjasama, Rektor Unasman Chuduriah Sahabuddin mengaku bersyukur pasalnya. Kampus yang ia pimpin kembali diamanahkan LPPKS sebagai LPD.

Sementara itu, Kadis Dikbud Provinsi Sulawesi Barat Prof Gufran Darma Dirawan menyampaikan. Unasman merupakan satu-satunya kampus yang masuk dalam kriteria penyelanggaraan LPPKS di Sulawesi Barat.

“Dari pada kita bekerja sama dengan LPPKS lain yang ada di Pulau Jawa, Lebih baik kita menggunakan LPPKS lokal. Sehingga, jauh lebih efektif kemudian biaya dan beban untuk Kepala Sekolah lebih murah,” tandasnya

Adanya LPPKS di Unasman, lanjut Dosen Universitas Negeri Makassar itu mengatakan, para calon kepala Sekolah di Sulawesi Barat tak perlu lagi melakukan Diklat.

“Kegiatan (Diklat) ini, cukup di Provinsi Sulawesi Barat.Dari tim pengajarnya, asesornya dan pengawasnya semuanya ada disini makanya kami bekerja sama dengan Unasman,” jelas Prof Gufran. 

Pendidikan Calon Kepala Sekolah sangat penting dalam rangka mewujudkan standar kompetensi Kepala Sekolah kedepannya. Dimana  di Sulbar sendiri, Prof Gufran mengaku, masih kekurangan Kepala Sekolah kompoten. Karena itu, ia menarget kegiatan Diklat Calon Kepala Sekolah sudah bisa berjalan September 2021 mendatang.

Pada penyelenggaraan Diklat calon Kepada Sekolah nantinya, Ketua Pelaksana Lembaga Penyelenggara Diklat (LPD) Unasman Muhammad Ali, telah merencanakan kegiatan tersebut dan akan mengikut sertakan sekitar 60 peserta yang dibagi dalam 3 kelas.[*]