Unasman Membangun Desa: Sosialisasi Kesehatan di Dusun Eran Batu-Batetangnga

Sosialisasi Kesehatan
Kegiatan Sosialisasi Kesehatan di Dusun Eran Batu Desa Batetangnga, Ahad (5/9/2021)

Menjalankan Program Unasman Membangun Desa atau PUMD, mahasiswa Universitas Al Asyariah Mandar, melakukan sosialisasi kesehatan kepada warga dusun Eran Batu Desa Batetangnga, Ahad 5/9/2021.

Sosialisai dilakukan, dengan menghadirkan salah satu dokter spesialis, untuk memberikan pemahaman dan tips dalam menangani kesehatan tubuh seperti nyeri punggung yang sering dialami para petani.  

Warga antusias berdatangan, semata untuk mendengarkan sosialisasi kesehatan yang juga dihadiri langsung Rektor Unasman Chuduriah Sahabuddin, dan kepala Desa Batetangnga Muhammad Said.

Sebelumnya, Chuduriah pada kesempatannya menyampaikan terkait PUMD yang tengah dijalankan mahasiswa Unasman di Dusun Eran Batu Desa Batetangnga. Ia menjelaskan, Program Unasman Membangun Desa, merupakan pengganti program KKN (Kuliah Kerja Nyata) yang kerap dijalankan para mahasiswa di Desa-desa.  

“Saat ini memang Unasman menyebut bukan lagi nama KKN. Tapi kami sebut dengan Program Unasman Membangun Desa (PUMD),” Jelas Rektor unasman.

Rektor Unasman Chuduriah Sahabuddin

Program PUMD tersebut, lanjut Chuduriah menjelaskan, sebagai bentuk pengabdian Unasman kepada masyarakat desa. Sesuai dengan potensi desa masing-masing.

Di Desa Batetangnga sendiri, kata Chuduriah, telah memiliki potensi alam yang cukup banyak, salah satunya wisata alam, dan buah-buahan. Untuk itu, ditengah masyarakat Batetangnga yang mayoritas petani,  para mahasiswa pun berinisiatif untuk melakukan seminar, bagaimana menjaga kesehatan ditengah aktivitas padat sebagai petani.

“Alhamdulillah, hari ini dosen DPL dan dokter memberikan sosialisasi tentang kesehatan” tutup rektor unasman.

Sementara itu, melihat antusias warganya sejak pagi mulai berdatangan mengikuti sosialisasi kesehatan, Muhammad Said selaku Kepala Desa Batetangnga merasa terbantu dengan adanya kegiatan tersebut.

“Itu sangat membantu bagi warga kami. Bagaimana menjaga kesehatan,” ungkap Said.

Adapun rangkaian kegiatan yaitu, pembukaan dari Rektor Unasman, pemasangan rompi dari Rektor kepada Kepala Desa, pemasangan patok dusun. Kemudian sosialisi kesehatan dengan menghadirkan dr. Valensa Yosephi sebagai fasilitator sosialisasi kesehatan.[*]