UPTD Puskesmas Anreapi Mengungkap 4 Masalah Kesehatan Warga

UPTD Puskesmas Anreapi Mengadakan Loka Karya Lintas Sektor membahas perkembangan penanggulangan kesehatan masyarakat
UPTD Puskesmas Anreapi Mengadakan Loka Karya Lintas Sektor membahas perkembangan penanggulangan kesehatan masyarakat

PaTTaE.com | UPTD Puskesmas Anreapi mengadakan loka karya mini lintas sektor yang di adakan di Aula UPTD Puskesmas Kecamatan Anreapi, Kamis 12/12/2019. Dibuka langsung Camat Anreapi, Pertemuan tersebut membahas 4 masalah kesehatan warga Anreapi.

Kepala UPTD Puskesmas Anreapi pada pertemuan tersebut, melaporkan berbagai masalah kesehatan yang ditemukan seperti DBD, Stunting, Hipertensi, dan angka kematian ibu hamil.

Mengenai kesehatan Demam Berdarah, menjadi salah satu masalah kesehatan di Kecamatan Anreapi.

Terdapat 4 warga yang ditemukan pihak Puskesmas terjangkit virus DBD. Namun, ke empat warga itu, pihaknya mengatakan merupakan kasus impor. Hal ini disebabkan karena warga Anreapi yang terserang virus DBD berada di luar wilayah Anreapi tetapi, berobat di Puskesmas Andeapi.

Jadi, ada 4 kasus untuk DBD, tapi ke empatnya termasuk kasus impor” ujar Dr Indrawati Rahim, Kepala UPTD PUSKESMAS Anreapi memaparkan.

Lanjutnya “Memang warga Anreapi tapi, selama ini tinggal di luar Anreapi, berobatnya ke Puskesmas Anreapi. Ada juga yang terkena di Bone (Sulawesi Selatan) namun, ber KK di Anreapi, jadi ke empat-empatnya dari luar”.

Kemudian, untuk permasalahan stunting. UPTD Puskesmas Anreapi melaporkan naik 5% saja.  “Data stunting itu naik 5 %. Jadi, peningkatan ini masih perlu kerja sama yang lebih bagus lagi”.

Angka Kematian ibu hamil terdapat satu kasus, sedang untuk penanggulangan Hipertensi, warga yang aktif berobat meningkat hingga 20%.

Khusus untuk Hipertensi, Dokter Indrawati mengatakan, masih butuh sosialisasi lebih, karena kurangnya pemahaman warga tentang hal tersebut.

”Mungkin mereka kurang pengetahuan sehingga, masih perlu sosialisasi dari segala sektor. Mereka mengabaikan karena mereka tidak tahu seperti apa bahaya Hipertensi.” Jelasnya

Dari beberapa masalah kesehatan di Kecamatan Anreapi, UPTD Puskesmas berharap ada solusi dan kerjasama lintas sektor.

Kepala UPTD Puskesmas pada pertemuan itu, bukan hanya memaparkan tentang masalah kesehatan warga Anreapi. Namun, juga menuai prestasi berupa program pembinaan Toga (Tanaman Obat Keluarga), yang ada di dusun Tappang desa Kunyi meraih juara 1 di tingkat Kabupaten. [pattae.com]

Kontributor: Echi*
Editor: Bustamin TaTo*

Ustadz Yusuf Mansur mengisi Tablig akbar dalam rangka HUT ke 16 Pasangkayu. Photo: Erlank
Ustadz Yusuf Mansur Hadiri Tablig Akbar dalam Rangka HUT Ke-16 Pasangkayu