Warga Desa Kelapa Dua Olah Jamur Tiram Jadi Nugget

Nugget Jamur Tiram
Nugget Jamur Tiram Ibu Fitriani

Pada umumnya, Jamur Tiram biasanya diolah menjadi cemilan serta  lauk pauk sebagai pelengkap sajian makanan. Hal berbeda di lakukan ibu Fitriani, warga asal Desa Kelapa Dua Kecamatan Anreapi Kabupaten Polewali Mandar.

Perempuan 49 tahun itu, meracik Jamur menjadi Nugget yang tentunya, tidak kalah lezatnya dengan hasil olahan Nugget pada umumnya.

Nugget Jamur Tiram olahan Fitriani, bermula dari ide sang anak bernama Al Aming, yang aktifitas kesehariannya membudidayakan  Jamur Tiram. Berangkat dari itu, ia bersama sang anak pun berinisiatif membuka usaha Nugget berbahan dasar Jamur Tiram.

Adapun proses pengelolaan Jamur Tiram menjadi Nugget ala Ibu Fitriani, di lakukan secara bertahap. Pengen tahu, berikut tahapan-tahapannya;

  • Pertama, Sediakan Jamur Tiram secukupnya yang sudah di siur menjadi bagian kecil. Bersihkan menggunakan air sebanyak dua kali.
  • Kedua, Panaskan air hingga mendidih, lalu masukkan Jamur Tiram. Direbus hingga setengah matang, kemudian tiriskan dan bersihkan lagi.
  • Ketiga, giling lah adonan ke dalam blender hingga halus, peras adonan lalu campurkan dengan bawang merah, bawang putih, merica bubuk, garam secukupnya sampai merata. Setelah itu, lalu kukus hingga 30 menit, potong sesuai selera
  • Keempat, celupkan ke adoanan tepung basah atau telur kemudian di lumuri tepung panir.

Nugget Jamur Tiram olahan ibu Fitriani, di kemas ke dalam kantong plastik dengan berat 500 Gram perkemasannya.

Harga perkemasan dibanderol Rp18.000. Harga yang terbilang cukup murah di kalangan masyarakat menengah ke bawah untuk menikmati hidangan yang satu ini.

Usaha Nugget Jamur Tiram ibu Fitriani, baru berjalan sejak awal Februari 2022. Pemasarannya pun ia mulai ke kerabat dekat, teman, saudara dan membuat postingan di beberapa media-media online seperti Whatsapp, Facebook.

Ibu Rumah Tangga Warga Desa Kelapa Dua ini, sangat mengharapkan kemajuan usaha kecilnya bisa berkembang lebih besar agar bisa membuat lebih banyak olahan Jamur Tiram.[*]

Kontributor: Amar*
Penulis: Amar*