Warga Desak Bupati Polman Copot Segera Pj Kepala Desa Barumbung

Desa Barumbung
Aksi warga desa Barumbung mendesak Bupati Polman segera mencopot Pj Kepala Desa Barumbung

PaTTaE.com – POLMAN | Warga Desa Barumbung Kecamatan Matakali yang mengatasnamakan diri sebagai Aliansi Peduli Barumbung melakukan aksi demonstrasi di depan kantor pemerintah daerah Polewali Mandar, Selasa 1/9/2020.

Mereka mendesak Bupati Polewali Mandar Andi Ibrahim Masdar. Segera mencopot PJ Kepala Desa Barumbung Abd Khalik atas dugaan penyalahgunaan wewenang dan transparansi anggaran.

Selama menjabat kurang lebih 8 bulan sebagai kepala desa Barumbung, Abd Khalik selaku pejabat sementara diduga melakukan tindakan yang tidak sesuai keinginan warga desa Barumbung.

Saat warga melakukan aksi, hujan sempat mengguyur para demonstran Aliansi Peduli Barumbung. Namun, hal itu tidak menyurutkan semangat massa aksi. Justru, mereka tetap menyampaikan aspirasi dengan ber-orasi meski badan basa kuyup.

Dalam Aksinya, mereka mempertanyakan beberapa pengalokasian anggaran yang tidak transparan, penyalahgunaan wewenang, hingga kagiatan pungli yang diduga dilakukan Abdul Khalik selaku Pj kepala desa Barumbung.   

Di hari yang sama (1/8), Massa aksi yang tergabung dalam Aliansi peduli Barumbung menggelar unjuk rasa di dua tempat. Sebelumnya berlangsung didepan kantor PMD Kabupaten Polewali Mandar. Kemudian, lanjut ke Kantor Daerah (Bupati) Polman.

Di kantor Dinas PMD perwakilan massa aksi lalu dipersilahkan masuk diruang pertemuan media center. Dihadiri Kapolres Polman, Kasatpol PP dan pihak Dinas PMD.

Dalam audiens, pihak dinas PMD Polman setelah mendengar satu persatu tuntutan aliansi peduli Barumbung, pihaknya mengaku akan menyampaikan dan menyelesaikan masalah tersebut.

Hasil Audiens dengan pihak dinas PMD Polman yang di wakili Abdul Malik, tidak bedah jauh dengan yang dilakukan di Kantor Pemda Polman.

Dikantor Pemda Polman, massa aksi disambut Sekretaris Daerah (Sekda) Polman Andi Bebas Manggazali.

Pada pertemuan itu, Sekda Polman setelah mendengar keluhan yang disampaikan perwakilan massa aksi mengatakan, akan melakukan rapat dan meminta waktu untuk bisa menggali kasus tersebut.

Berikut poin-poin yang warga Desa Barumbung pertanyakan saat melakukan aksi demonstrasi di Kantor Bupati Polewali Mandar, Selasa 1/9/2020.

  1. Adanya pengalihan pekerjaan DI Palili ke P3A yang lain. Sebagaimana yang diketahui bahwa hal ini tidak boleh dilakukan sesuai dengan penyampaian balai.
  2. Dana CoVid-19 selama masa pandemic yang dianggarkan senilai Rp 40.000.000 juta tidak jelas apa sasaran peruntukan-nya.
  3. Penerima BLT di Barumbung tidak sesuai dengan rekapan data Penerima BLT-Dana Desa.
  4. Dana Bumdes senilai Rp 30.000.000 juta diambil alih oleh Pj. Kades. Dimana seharusnya dana tersebut ada dalam rekening Bumdes.
  5. DP dana sertifikat tak tahu dimana kesisahannya.
  6. Dana Masjid Nuruttaubah Katumbangan Rp 3.000.000 juta dikemanakan?
  7. Adanya Pungli dalam jual beli tanah.