Warga Diminta Ikut Jaga Kebersihan Sungai di Pasar Wonomulyo

Sungai Pasar Wonomulyo
Sungai Pasar Wonomulyo dipenuhi tumpukan sampah. Foto: Doc. Kominfo Polman

Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kabupaten Polewali Mandar bersama Pemerintah Kelurahan Sidodadi, Kecamatan Wonomulyo menindaklanjuti persoalan tumpukan sampah di areal sungai Pasar Wonomulyo dengan aksi kebersihan petugas, mengangkut sampah secara manual, terlaksana di areal sungai Pasar Wonomulyo, Senin, (5/4/2021),

Aksi bersih-bersih sungai Pasar Wonomulyo dilakukan Petugas Kebersihan, Dinas LHK Kabupaten Polewali Mandar, menggunakan peralatan seadanya.

Berbagai jenis sampah plastic, limbah pasar dan rumah tangga, dengan kondisi cuaca hujan pagi hari, petugas gotongroyong mengangkut tumpukan sampah dari sungai.

Nursyam, Kabid Kebersihan dan Pertanaman, Dinas LHK Kabupaten Polewali Mandar menjelaskan, penanganan sampah tidak hanya tugas pemerintah. Namun juga warga dapat terlibat 30 persen. Pasalnya, kondisinya sampah sangat banyak dan pertugas terbatas.

“Ini kondisinya, sampahnya banyak dan pertugas terbatas, kondisinya harus menggunakan alat berat. Kalau manual, terkendala anggota apalagi hujan. Ini harus melibatkan masyarakat, partisipasi, 30 persen perlibatan masyarakat mengenai sampah, dan setelah bersih jangan lagi masyarakat buang sampah ke sungai ini, karena daerah Wonomulyo ramai, masalah sampah mesti teratasi,” terangnya.

Abdul Azis Bande, Lurah Sidodadi, Kecamatan Wonomulyo mengapresiasi, upaya Dinas LHK giat kebersihan sampah. Pihaknya pun, berkoordinasi dengan Perangkat Daerah terkait, agar alat berat dapat diturunkan mengatasi sampah.

“Terima kasih dari DLHK dan Kominfo SP, telah terjun langsung ke Kelurahan Sidodadi menyikapi persoalan sampah ini dapat teratasi. Tapi harapan pemerintah juga dapat direspon baik masyarakat. Tidak mungkin cuma pemerintah turun tangan karena persoalan sampah ini. Kita liat sampah bertumpuk, genangan air relatif dalam, agak susah dengan tenaga manusia. Semoga alat berat dapat diturunkan oleh PU,” terang Abdul Azis.(rls*)