Warga Limboro Sambut Negara Peserta PIFAF dengan Kuliner Mandar

warga limboro samut 3 negara peserta pifaf dengan kuliner khas mandar
Warga Limboro sambut 3 negara peserta PIFAF 2019 dengan kuliner khas Mandar. Foto: Sudirman Syarif

Warga Limboro, menyambut kunjungan tiga Negara yang menjadi peserta pada ajang Polewali Mandar International Folk and Art Festival (PIFAF) 2019. Sambutan tersebut dilakukan di Lapangan Sepakbola Limboro, Sabtu 03/8/2019.

Sambutan tersebut di lakukan dengan menyelaraskan dengan kegiatan Kemah Kwartir Ranting Gerakan Pramuka dengan kegiatan Street Dance peserta PIFAF 2019.

Berbagai penyambutan pun dilakukan dengan berbaris di sepanjang jalan yang dilalui para turis peserta PIFAF 2019 tersebut.

Selain itu, terdapat juga pelepasan layangan raksasa yang dilakukan warga, dan berbagai stand kuliner khas tanah Mandar.

Adanya stand sajian khusus makanan khas masyarakat Mandar ini. Merupakan upaya memperkenalkan berbagai sajian kuliner tradisional khas Mandar kepada para delegasi negara-negara luar yang ikut serta sukseskan penyelenggaraan PIFAF 2019.

Rasabulan selaku Lurah Limboro mengatakan, makanan tradisional khas mandar ini, disajikan untuk para tamu dari negara-negara luar.

“kita ingin agar bule ini, bisa menikmati makanan kita di mandar”. Tuturnya

Kuliner Khas Mandar Limboro yang-di-suguhkan-ke-tiga-negara-peserta-PIFAF-2019
Kuliner Khas Mandar yang di suguhkan ke tiga Negara peserta PIFAF 2019. Foto: Sudirman Syarif

Lurah Limboro dan masyarakatnya, jauh hari telah mempersiapkan sambutan untuk para tamu dari negara-negara (Slovakia, Ekuador, dan Timor Leste) peserta PIFAF. Hal ini merupakan upaya tuk mensukseskan event berskala internasional tersebut dan juga sebagai ajang promosi kuliner khas Mandar.

“Persiapan sudah di lakukan seminggu sebelum hari H. seperti mensterilkan lapangan dari binatang ternak, dan juga korotan ternak” Ujar Rasabulan

Rencana Kegiatan di Limboro

Rencana Kegiatan di Limboro sejak awal, Pemerintah Polman dalam hal ini Dinas Pemuda, Olahraga, dan pariwisata (Dispop) melakukan koordinasi bersama CIOFF Indonesia untuk IFAF. Hal itu mereka lakukan guna menentukan lokasi pelaksanaan Dance Street di PIFAF nantinya.

Setelah penentuan lokasi, mereka kemudian berkoordinasi dengan gerakan pramuka, yang ingin berpartisipasi aktif pada PIFAF daerah Polewali Mandar.

“Akhirnya teman-teman gerakan pramuka kwartir Limboro juga ingin berpartisispasi aktif di Street Dance ini”. Ungkap Andi Masri Masdar

Mereka (Gerakan Pramuka), lanjut Andi Masri Masdar, bersiap tuk menyediakan beberapa gazebo tradisional diisi dengan berbagai macam kuliner khas Mandar. [pattae.com]

Kontributor: Echi*
Penulis: Desi Ratnasari*
Photografer: Sudirman Syarif*

Jembatan Pelangi Menjadi Favorit Masyarakat, juga Merupakan Area Hutan Mangrove
Jembatan Pelangi dalam Area Hutan Mangrove, Menjadi Favorit Masyarakat