Waspada Covid-19, PemDes Batetangnga Semprotkan Disinfektan di Area Publik

Waspada Covid-19 - Pencampuran Bahan cairan Disinfektan tengah dilakukan di kantor Desa Batetangnga
Waspada Covid-19 - Pencampuran Bahan cairan Disinfektan tengah dilakukan di kantor Desa Batetangnga

Penyemprotan disinfektan untuk waspada penularan virus corona atau Covid-19 di desa Batetangnga, Kecamatan Binuang, Polewali Mandar (Sulbar) mulai dilakukan. Kegiatan tersebut dilaksanakan setelah Pemerintah Desa (PemDes) Batetangnga menggelar sosialisasi penyemprotan pada Senin (23/3/2020).

Rangkaian kegiatan mulai dari penutupan objek wisata yang ada di desa tersebut, dan melanjutkan imbauan pemerintah kepada seluruh warga Desa agar tetap waspada penyebaran Covid-19.

Pemerintah Desa Batetangnga, Kecamatan Binuang, Kabupaten Polman mulai melakukan penyemprotan disinfektan dalam meminimalisir pencegahan penyebaran Covid-19 di Desa itu. Penyemprotan disinfektan yang dipimpin langsung Kepala Desa (Kades) Muhammad Said SH, dibantu seluruh perangkat desa yang digelar Rabu (26/3/2020).

“Kegiatan yang dilakukan hari ini adalah bagian terbesar dari himbauan pemerintah (Daerah dan Pusat), dan himbauan kapolri, dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) mengenai masalah pencegahan (virus) Corona”. Ungkap Kades Batetangnga Muhammad Said di ruang Kantor Desa, (26/03/) pagi tadi.   

Pantauan Pattae.com, Kades dan seluruh perangkat desa, serta sejumlah mahasiswa KKN UNM dan UIN Makassar terpantau begitu antusias melakukan menyemprotkan cairan disinfektan di setiap ruang publik.

Penyemprotan dimulai dari Masjid Nurul Huda, dan Pasar Tradisional Desa Batetangnga dengan menggunakan tankin yang berisi cairan disinfektan. setelah itu lanjut ke Area Ponpes dan Sejumlah Masjid Lainnya tiap Dusun di Desa tersebut.

Foto Penyemprotan Disinfektan di Area Ponpes Al Ihsan DDI Kanang

Imbauan PemDes untuk Tetap Waspada Covid-19

Saat ditemui, di Kantor Desa Muhammad Said, juga mengimbau kepada seluruh masyarakat Desa, untuk mencintai keluarga dengan menahan diri selama dua pekan ke depan untuk menjaga jarak, dan jangan hindari kontak fisik.

“Kepada seluruh masyarakat (Khususnya desa Batetangnga) mencintai keluarga, jangan saling bersalaman (dulu), tidak boleh berpelukan, walupun itu orang tua, atau keluarga yang lain”. Imbauwannya

Lanjut Kades Batetangnga mengungkap, hal tersebut dilakukan demi keselamatan semua masyarakat dari bahaya pandemi Covid-19.

“Demi kecintaan kita terhadap keluarga, kita harus selamatkan dengan cara demikian. Ini untuk sementara, sambil menunggu virus corona ini meredah baru kita bisa lakukan seperti biasa”. Lanjutnya.  

Petugas Kesehatan Masyarakat dari Puskesmas Binuang, ikut memantau kegiatan penyemprotan tersebut, Masnurjini, salah satu petugas dari Puskesmas Binuang mengatakan, di Kecamatan Binuang, baru desa Batetangnga yang melakukan penyemprotan.

Selain itu, Ia juga berharap daerah lain ikut melakukan hal kegiatan serupa sebagai upaya pencegahan mewabahnya virus corona di tengah masyarakat.[pattae.com/Tato]*