Wujudkan Kampus Bersinar, Rektor dan Ketua Keluarkan SK Pendidikan Anti Narkoba

Pendidikan Narkoba
Rektur-Ketua Perguruan Tinggi se Kabupaten Polman jalin kerjasama dengan BNNK Polman

Rektor dan Ketua Perguruan Tinggi se Kabupaten Polewali Mandar menghadiri launching Modul Pendidikan Ketahanan Diri Mahasiswa Anti Narkoba dan Implementasi Pendidikan Anti Narkoba sebagai Mata Kuliah Wajib di Perguruan Tinggi di Kabupaten Polewali Mandar, di Hotel AL Ikhlas Polewali (21/9/2022).

Launching modul dan Implementasi Pendidikan anti narkoba yang diselenggarakan oleh Badan Narkotika Nasional Kabupaten Polewali Mandar ini ditandai dengan penyerahan modul Pendidikan anti Narkoba dari BNN Kab. Polewali Mandar kepada para dosen pengampuh mata kuliah yang disaksikan langsung oleh masing-masing Rektor dan Ketua Perguruan Tinggi se Kab. Polewali Mandar serta beberapa perwakilan mahasiswa dari perguruan tinggi.

Kepala BNN Kab. Polewali Mandar, Syabri Syam, SPd, M.Si dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada seluruh Perguruan Tinggi di Polewali Mandar yang telah mengeluarkan Surat Keputusan terkait Pendidikan Anti Narkoba bagi mahasiswa pada tahun ajaran akademik 2022/2023.

Dalam salah satu poin yang terdapat pada surat keputusan tersebut adalah Implementasi Pendidikan anti Narkoba yang masuk pada kurikulum dan menjadi mata kuliah wajib bagi mahasiswa di semester Awal tahun 2022/2023.

“Saya mengapresisai langkah sejumlah perguruan tinggi di Kab. Polman dapat memasukkan materi perkuliahan anti narkoba yang menjadi mata kuliah wajib dalam rangka membentengi generasi kita dari pengaruh negatif penyalahgunaan narkoba.

Memasukkan materi pencegahan penyalahgunaan narkoba di lingkungan kampus ini sangat penting. Apalagi, saat ini peredaran barang-barang terlarang dengan berbagai modus dan sasaran semakin marak.

Adanya mata kuliah/pembelajaran pendidikan anti narkoba ini merupakan sinergitas dan kolaborasi Badan Narkotika Nasional Kab. Polewali Mandar dengan seluruh perguruan tinggi di wilayah kabupaten Polewali Mandar.

Ini bagian dari strategi kami akan mempersempit oknum yang tidak bertanggung jawab dalam menyalahgunakan dan mengedarkan narkoba di lingkungan kampus. Jika sampai terjadi, nama baik pendidikan dan institusi perguruan tinggi akan rusak.

“Ini harus dilakukan demi menjaga marwah dan kualitas pelaksanaan pendidikan di perguruan tinggi. Jangan sampai karena ulah satu oknum, nama baik pendidikan kita tercoreng dan rusak,” kata Syabri Syam.

Syabri menyebut, mulai September 2022 ini, seluruh kampus di Polman sudah melaksanakan pembelajaran pendidikan anti Narkoba. Hal ini berdasarkan surat keputusan yang di keluarkan oleh masing-masing Rektor maupun Ketua Perguruan Tinggi se Kab. Polewali Mandar.

Lebih lanjut, Syabri menjelaskan untuk modul pendidikan ketahanan diri mahasiswa anti narkoba kami pihak BNN Kabupaten Polman sebelumnya sudah bahas bersama para dosen pengampuh dari masing-masing perguruan tinggi yang selanjutnya akan menjadi bahan ajar di kampus.

DR. H. Chuduria Sahabuddin Ketua Umum APTISI Sulawesi Barat juga selaku Rektor Universitas Al Asyariah Mandar, sangat mengapresiasi acara ini, dengan modul ini tentunya dapat membantu tugas BNN di dalam pencegahan narkoba bagi generasi muda.

“Sangat mengapresiasi kegiatan Launching Modul pada hari ini, tentunya dengan adanya modul ini dapat membantu tugas-tugas BNN didalam pencegahan pemberantasan Narkoba diusia remaja ataupun dewasa,” jelasnya.

Sebagai informasi, pada kesempatan ini Bupati Polewali Mandar yang diwakili Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Polewali Mandar, Aslia Rahim, S. Sos berkesempatan melaunching Modul Pendidikan Ketahanan Diri Mahsiswa Anti Narkoba Salah satu persyaratan dalam penyelesaian Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II yang dilaksanakan oleh Kepala BNNK Polewali Mandar, adalah sebuah inovasi ilmiah berupa proyek perubahan.[*]

Sumber: BNNK Polman*