Wujudkan Kepekaan Sosial, KPM-PM Cabang Binuang Gelar Bakti Sosial

KPM-PM cabang binuang bakti sosial (baksos) di Desa Kaleok. gambar pembuatan taman baca
KPM-PM cabang binuang bakti sosial (baksos) di Desa Kaleok. gambar pembuatan taman baca

KPM-PM cabang Binuang laksanakan bakti sosial (baksos) di Desa Kaleok. Kegiatan tersebut merupakan kegiatan bakti sosial pertama yang telah diprogramkan oleh kalangan mahasiswa makassar yang berasal dari Kecamatan Binuang, Polewali Mandar tersebut.

Bakti sosial yang diselenggarakan melibatkan beberapa komunitas yang ada di Polewali Mandar, diantaranya: komunitas jendela pendidikan, perpustakaan daerah, pemuda silopo, sumpa pattae dan komunitas bajoe maju. Menurut informasinya kegiatan bakti sosial tersebut berlangsung mulai 8-14 Februari 2020.

M. Arif Majid selaku KPM-PM cabang binuang itu mengaku, ada empat item kegiatan yang telah di programkan. Pertama ialah Mengajar, pengembangan tempat wisata, pembuatan taman baca dan  peremajaan tempat ibadah.  

“kami telah melaksanakan beberapa program antaranya, peremajaan tempat ibadah dan pengembanagan tempat wisata” ungkap M. Arif Majid

“untuk pengembangan wisata kami membuat tempat spot foto, salah satunya di air terjun kadinginan dan ada juga penambahan petunjuk jalan menuju tempat wisata” Tambahnya.

Selain itu mereka juga berharap ada perhatian serius dari pemerintah desa setempat untuk memperhatikan potensi alam yang ada di desa tersebut, salah satunya adalah pengembangan tempat wisata di Desa Kaleok.

Sementara itu, Polres Polman juga telah memberikan sumbangsi yang berbentuk materi yang di peruntuhkan sepenuhnya untuk peremajaan tempat ibadah. Seperti pembelian cat, batu bata dan lain-lainnya.

Kelompok mahasiswa tersebut mengaku ada beberapa kendala saat pelaksanaan kegiatan bakti sosial tersebut. Salah satunya adalah susahnya jaringan seluler di Desa Kaleok. Mereka juga mengaku hanya beberapa persen anggotanya yang turun ke lokasi baksos.

“masih banyak teman-teman yang belum hadir di lokasi karena masih ada kesibukan di luar” ujar M. Arif Majid

“adapun tujuan kami adalah KPM-PM cabang binuang bisa dikenal masyarakat (sosialisasi lembaga) dan khususnya mahasiswa dari kecamatan binuang bisa membangun hubungan emosional dengan masyarakat setempat” Sambungnya.

“kami juga berharap bisa melihat dan mampu meningkatkan kepedulian soial” tutup ketua KPM-PM cabang binuang.

Sejauh ini KPM-PM cabang binuang perkirakan sudah memiliki kurang lebih seratus orang anggota baik senior, anggota dan pengurusnya. Sementara itu mereka berharap kepada seluruh mahasiswa bisa berbaur dengan masyarakat dan dapat menjadi bagian untuk memajukan daerah. [Pattae.com]