Surga Air Terjun Toralia Salah Satu Wisata Alam Polewali Mandar

Wisata alam Polewali Mandar, Air Terjun Toralia Desa Kaleok2
Wisata alam Polewali Mandar, Air Terjun Toralia Desa Kaleok

Wisata alam Polewali Mandar terbilang banyak diminati para wisatawan lokal bahkan luar Negeri. Kekayaan alam di daerah tersebut banyak menyuguhkan wisata alam yang alami seperti, air terjun, permandian alam dll.

Jadi, para wisatawan tak akan rugi dan menyesal kalau meluangkan waktunya untuk berkunjung di Polewali mandar.

Wisata alam Polewali Mandar merupakan target bagi para wisatawan. Kekayaan sumber daya alam Polewali Mandar  terbilang mampu bersaing dengan daerah yang juga memliki objek wisata alam.

Namun, masih banyak wisata alam di Polewali Mandar terbilang jarang disentuh oleh manusia atau para wisatawan. Entah mengapa.?

Salah satu daerah yang memiki objek wisata yang wajib dikunjungi bagi para wisatawan. Terdapat di Desa Mirring, Desa Papandangan, Desa Kunyi, Desa Batetangnga serta diseluruh daerah Polewali Mandar.

Tapi artikel kali ini, kita akan membahas objek wisata air terjun di Polewali Mandar yaitu Sarambu Toralia. Sarambu atau air terjun Toralia ini terletak di Desa Kaleok yang masih jarang dikunjungi para wisatawan manca Negara bahkan lokal.

Sarambu Toralia Desa Kaleok

Wisata Alam Polewali Mandar, Air Terjun Toralia Desa Kaleok1
Wisata Alam Polewali Mandar, Air Terjun Toralia Desa Kaleok1

Salah satu Wisata alam Polewali Mandar terdapat di Desa Kaleok, Kecamatan Binuang, Polewali Mandar. Di Desa Kaleok kita dapat jumpai beberapa objek wisata alam yang wajib dikunjungi. Sperti air terjun tai bai, sarambu salu buttu, air terjun toralia dan masih banyak lainnya.

Air terjun toralia berdiri elegan tepatnya di Dusun Kaleok. Keindahan alam, kesejukannya serta tumbuhan liar menjanjikan mata bagi setiap pengunjungnya.

Untuk bisa sampai ke lokasi wisata alam Polewali Mandar (air terjun Toralia), kami menempuh perjalanan dari ibu Kota Kecamatan Binuang ke Desa Kaleok kurang lebih 35 Km. Sementara jarak tempuh dari Dusun Kaleok ke sarambu Toralia kisaran 200 m.

Akses ke objek wisata tersebut tidak memungkinkan untuk menggunakan kendaraan roda dua apalagi roda empat. Terpaksa kami memarkir kendaraan di salah satu rumah warga dan meneruskan perjalanan dengan berjalan kaki.

Dalam perjalanan kami disuguhkan dengan pemandangan alam yang masih alami. Kami melalui persawahan, kebun yang ditumbuhi tanaman kakao yang berdiri tegak serta udara sejuk dari arah air terjun Toralia. Yang menambah kenikmatan menuju air terjun tersebut.

Sekitar 10 sampai 15 menit kami sudah sampai di lokasi. Dimana air terjun Toralia berdiri elegan dengan aliran air yang segar. Tak afdol rasanya kalau kami tidak memanfaatkan keindahan air terjun toralia wisata alam Polewali Mandar. Dengan semangat kami mengeksplor keindahan air terjun tersebut.

Air terjun Toralia sangat tepat dikunjungi bersama keluarga, sahabat, pacar dan teman kantor. Untuk menghilangkan penat dari aktivitas kerja selama sepekan.

Disana kalian bisa menikmati keindahan air terjun Toralia. Dengan cara berendam, selfi atau mengambil gambar untuk dokumentasi di setiap objek yang indah menurut anda. 

Saran Untuk Kalian Yang Ingin Berkunjung

Salah satu Crew pattae.com mengabadikan moment saat berkunjung ke wisata alam Polewali Mandar, air terjun Toralia, Desa Kaleok.
Salah satu Crew pattae.com mengabadikan moment saat berkunjung ke wisata alam Polewali Mandar, air terjun Toralia, Desa Kaleok.

Apalagi yang kalian tunggu untuk berkunjung ke air terjun Toralia. Yakin dan percaya rasa penasaran anda akan terjawab setelah sampai di lokasi tersebut.

Karena alam akan menjawab dengan keindahannya tidak cukup dengan kata-kata yang hanya akan membuat anda penasaran. Jadi jangan sampai anda mati penasaran!. yuk mari berkunjung ke Desa Kaleok.

Tapi sebelum berangkat, kalian harus perhatikan beberapa hal yang perlu anda siapkan menujuke lokasi. Pertama siapkan mental, energi yang cukup dan pastikan anda dapat terkena air. Untuk lebih nyamannya kalian siapkan cemilan sebagai bekal anda di lokasi.

Selaku penulis kami mengajak seluruh manusia untuk menjaga dan merawat lingkungan serta alam yang dititipkan Allah Swt kepada kita. Khususnya pemuda Polewali Mandar agar senantiasa memajukan serta melestarikan wisata alam Polewali Mandar.

Termikasih atas perhatiaanya dan semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembacanya! Salam pangngu’pu. Sampai jumpaa! (pattae.com)


Penulis: Iwank*

KPM-PM cabang binuang bakti sosial (baksos) di Desa Kaleok. gambar pembuatan taman baca
Wujudkan Kepekaan Sosial, KPM-PM Cabang Binuang Gelar Bakti Sosial