Daun Gelinggang Ampuh Mengatasi Jamur Kulit, Begini Tips-nya

Tanaman Gelinggang ampuh mengatasi Jamur Kulit seperti Panu, Kurap, dan Eksim. Photo Pattae.com
Tanaman Gelinggang ampuh mengatasi Jamur Kulit seperti Panu, Kurap, dan Eksim. Photo Pattae.com

Tumbuhnya jamur kulit seperti panu, kurap, dan eksim (colak) pada kulit, merontokkan rasa percaya diri seseorang tampil di ruang publik. Apalagi, penyakit kulit itu tumbuh di area terbuka seperti leher, tangan, dan kaki.

Yakin dah., orang itu tak akan bisa berbuat apa-apa kecuali, hanya bisa bersemayam dalam rumah. hehehe…!

Bila anda kerap diserang penyakit kulit seperti itu, tak usah khawatir, Segeralah atasi dengan menggunakan daun Gelinggang. Daun yang juga biasa disebut tanaman Ketepeng China ini, ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kulit.

Ciri-ciri daunnya, berbentuk bulat telur saling berhadapan, memiliki mahkota bunga berwarna kuning, dan banyak dijumpai tumbuh liar di pinggiran sungai. Tumbuhan ini juga sering djadikan sebagai tanaman hias, karena memang tampilan tanaman itu, sangat cantik dipandang mata.

Selain dijadikan sebagai tanaman hias, khasiat yang dimilikinya juga ampuh mengatasi gatal-gatal pada kulit yang disebabkan jamur, seperti kawanan jamur kulit yang admin sebutkan diatas tadi.

Untuk mengobati tiga kawanan penyakit kulit tersebut. Sedikit banyaknya telah diulas media-media online yang memberikan informasi seputar tips mengatasi serangan penyakit kulit menggunakan daun Gelinggang.

Kali ini, admin hanya mengulas seputar pengobatan tradisional yang ampuh digunakan tuk mengatasi penyakit kulit seperti panu, kurap, dan eksim. Pengobatan ini, khususnya dalam masyarakat Pattae, Polewali Mandar, sudah menjadi ramuan herbal yang berlangsung secara turun-temurun.

Nah, bagimana saja itu ? Berikut ulasan penggunaan daun Gelinggang untuk pengobatan kulit gatal yang disebabkan jamur panu, kurap dan eksim (colakan) versi masyarakat Pattae.

Tips Meracik Daun Gelinggang Mengatasi Jamur Kulit

Pertama-tama, carilah tanaman Gelinggang dan petik daunnya. Setelah itu, daun yang sudah anda petik, lalu di tumbuk hingga setengah halus. Pada proses penumbukan daun Gelinggang, masyarakat Pattae juga biasa mencampurnya dengan garam secukupnya.

Setelah itu, lalu gosokkan dengan keras daun yang sudah di tumbuk tersebut, ke area kulit yang terkena jamur panu, kurap, dan eksim. 

Cara lain yang kerap di lakukan masyarakat Pattae dalam mengobati serangan jamur kulit tersebut, adalah tanpa di tumbuk hanya dilipat dan dicelupkan kedalam minyak tanah.  Caranya seperti ini:

Daun Gelingggang yang telah dipetik, di susun kira-kira 3 sampai 4 helai daun. Lalu   dilipat dan dipotong sedikit dibagian ujung daun tersebut. Setalah itu, celupkan daun yang sudah dilipat, kedalam minyak tanah lalu gosokkan daun Gelinggang dengan keras ke bagian kulit yang terkena jamur.

Gimana, mudah kan..? yok…! Segera atasi gangguan itu dengan menggunakan tips diatas. Jangan biarkan jamur-jamur nakal itu menghalang-halangi kegiatan anda bersama kerabat, gebetan, dan tentunya mengganggu harga diri anda. Okey..! see you next time.

Penulis: TaTo*

Santri Pondok Al-Ihsan DDI Kanang Menggelar Malam Pentas Seni
Santri Pondok Al-Ihsan DDI Kanang Menggelar Malam Pentas Seni