Sinole, Simanis Dari Tanah Pattae

PaTTaE.com | Selain memiliki kuliner Nasu Kadundung yang gurih dan banyak diminati pecinta kuliner Nusantara. Ditanah Pattae Sulawesi Barat, juga terdapat kuliner tradisional yang unik dan menjadi jamuan istimewa khas masyarakat pattae, yaitu kue Sinole.

Kue ini bentuknya sangat sederhana, biasa berbentuk bulatan, dan juga biasa secara acak (tak berbentuk), tergantung buah tangan para pembuatnya. Kue Sinole terbuat dari tepung sagu yang diaduk bersama gula aren, lalu ditaburi parutan kelapa muda. Paduan rasa manis dan sedikit gurih dengan tekstur yang kenyal menjadikan kue ini terasa begitu nikmat saat lidah kita merasakannya.

Kue tradisional ini dibuat dengan cara yang sangat sederhana, hanya saja butuh kesabaran untuk mengaduk hingga mengental. Ketika, gula aren dan tepung sagu ini menyatukan rasa,  aromanya akan mengudara, hingga membuat siapa pun yang menciumnya akan berselera tuk menyantapnya. Kue berwarna kecoklatan ini sekilas mirip dodol khas betawi.

Akan terasa nikmat jika disantap saat Sinole masih dalam keadaan hangat, apalagi disantap bersama keluarga, sahabat di saat hujan turun.

Kue Sinole menjadi salah satu kue khas tradisional masyarakat suku Pattae, yang menjadi kekayaan kuliner Nusantara. Keberadaannya yang sudah mulai sulit ditemukan menjadikan kue ini sangat dirindukan para penikmat kuliner ketika berada dikampung Pattae.

Namun tak perlu khawatir, berikut kami akan memberikan tips bagaiana cara pembuatan Kue Sinole. Anda hanya menyediakan bahan yang cukup sederhana yaitu Tepung sagu, gula aren, dan parutan kelapa muda. gimana~~, Mudah kan..?

Tips membuat Kue Sinole

Pertama yang harus disediakan, tentu bahan-bahan dalam pembuatan Kue Sinole yaitu: Tepung terigu, Air secukupnya, dan Gula Aren sebagai Pemanisnya. Setalah bahan utama telah siap, Lalu tumpahkan air yang sudah siap tersebut ke wadah tepung Sagu, lalu aduk hingga rata.

Setelah itu, panaskan gula aren hingga mendidih, dan mencair diatas wajan yang telah disediakan. Setalah gula aren tadi mencair, kemudian masukkan tepung sagu tersebut lalu aduk hingga berbentuk padat.

Proses terkhir, angkat adonan ke tempat yang telah disediakan (disarankan menggunakan wadah yang cukup luas), lalu taburilah parutan kelapa muda diatasnya, bisa juga langsung disantap.

Gimana, mudah kan ? silahkan di coba. jika penjelasannya belum bisa dimengerti, bisa langsung disampaikan dibawah kolom komentar. sekian dan Kurru Sumanga (Terima Kasih).

Komentar