8 Alat Dasar untuk Memulai Bisnis Kedai Kopi Sederhana

Alat Kedai Kopi yang anda harus miliki untuk memualai bisnis kopi
Alat Kedai Kopi yang anda harus miliki untuk memualai bisnis kopi

Usaha kedai kopi kini menjamur di berbagai daerah, seiring dengan banyaknya peminat minuman si hitam ini. Tak kenal tua dan muda, semua kalangan banyak yang menggemari minuman kopi dengan berbagai macam varian menu kedai kopi.

Jualan kopi merupakan salah satu peluang usaha bagi kaum muda sekarang ini, selain menjajikan membuka kedai kopi juga sangat mengasikkan. Sebab biji kopi dapat di kreasikan menjadi minuman baru yang dapat memanjakan lidah penggemarnya.

Bagi anda yang ingin memulai bisnis kedai kopi ini ada beberapa alat manual yang perlu anda ketahui dan miliki untuk memulainya. Apa saja itu? Berikut ulasannya!

1. Grinder kopi

Alat Kedai Kopi
Alat Kedai Kopi

Alat ini merupakan salah satu alat yang penting untuk dimiliki dan diketahui cara penggunaannya sebab alat ini menunjang bagi anda yang ingin melakukan rutinitas ngopi dengan biji kopi yang masih segar (bean kopi).

Grinder kopi manual, selain harganya mudah dijangkau juga sangat simpel untuk dibawa kemana-kemana. Cocok juga untuk kalian yang senang mendaki gunung dan ngopi dengan biji segar sebab tak memerlukan energi listrik untuk menggunakannya.

Untuk yang berniat mendirikan kedai disarankan untuk memilih grinder elektrik agar proses penyeduhan anda terbilang cepat.

2. Teko atau ketel air panas

Alat Kedai Kopi 2
Alat Kedai Kopi 2

Untuk mendukung keperluan penyeduhan kopi, teko juga sangat penting untuk dimiliki di setiap kedai kopi. sekarang banyak bentuk teko yang dijual di pasaran, tapi cukup dengan memilih teko yang ujungnya berbentuk lancip guna mengatur aliran air panas di atas kopi anda.

3. Scale atau timbangan

Alat Kedai Kopi 3
Alat Kedai Kopi 3

Soal penyeduhan kopi yang anda inginkan dan pas di lidah, timbangan digital perlu anda miliki di kedai kopi yang anda buat. Ini sangat berguna untuk mengukur takaran kopi dan air yang anda akan gunakan dalam setiap cangkir kopi yang akan di seduh.

4. Pengukur suhu atau termometer

Alat Kopi 4
Alat Kopi 4

Ribet gak sih membuat secangkir kopi yang nikmat.? Hehe jangan salah, alat pengukur suhu juga tak kala pentingnya untuk melakukan seduhan kopi dengan cara manual brew. Sebab sosok termometer dapat membantu sibaristanya mengatahui suhu air yang cocok untuk dituangkan kepermukaan kopi.

5. Vietnam drip

Alat Kopi 5
Alat Kopi 5

VD merupakan alat penyeduhan kopi yang banyak dijumpai di kedai-kedai kopi. bentuknya seperti cangkir kopi dengan beberapa bagian-bagian terpisah, alat ini adalah filter untuk menyaring ampas biji kopi anda agar lebih nikmat dan nyaman di minum.

6. V60

Alat Kopi 6
Alat Kopi 6

Bentuknya agak berbeda dengan vietnam drip tapi fungsinya sama untuk melakukan penyeduhan kopi khas dari daerah penghasil kopi yang kualitasnya baik. Alat ini sering digunakan bagi yang suka menikmati kopi khas daerah (single origin). Namun untuk menggunakan alat ini anda perlu memiliki paper filter sebagai penyaring ampas kopi.

7. Rok Presso

Alat Kedai Kopi 7
Alat Kopi 7

Untuk membuat kopi pekat atau espresso anda wajib memiliki alat ini, sebab akan membantu anda untuk menyiapkan bahan kopi espresso sebagai bahan inti dari setiap varian menu kopi seperti di coffee shop.

8. French press

Alat Kopi 8
Alat Kopi 8

Bagi yang suka dengan kopi tubruk Alat ini perlu tuk dimiliki, kelebihanya dapat menyaring ampas dari kopi yang kita seduh. Selain itu alat ini kerap digunakan sebagai alat untuk membuat foam susu saat ingin menggambar diatas permukaan espresso (latte art).

Selain itu, tentu masih banyak lagi alat manual brew atau pour over yang bisa anda ketahui untuk kebutuhan kedai kopi yang akan kalian mulai. tapi bagi pemula kiranya alat diatas dapat mengantar anda untuk mulai mengerjakan kedai kopi yang diimpikan. [pattae.com]

Penulis: Iwank*

Warga Bulo Menyambut Dispop Polman dan Delegasi Peserta PIFAF tiga Negara
DISPOP Polman Hibur Warga Bulo Dengan Menghadirkan Tamu Asing