Kementerian Kominfo Sosialisasi Pasar Digital ke Masyarakat Polman

Pasar Digital
Kemenkominfo melakukan sosialisasi pasar Digital ke masyarakat Polewali Mandar

Kementerian Kominfo Gelar Forum Sosialisasi Mendorong Masyarakat Polewali Mandar Di Era Pasar Digital “Semua Bisa Jualan Online” dan Sosialisasi Satu Juta Tumbler.

Di era pasar digital saat ini memungkinkan pelaku UMKM (Usaha Menengah Kecil Mikro) untuk naik kelas. From sosialisasi ini sajikan berbagai platform e-commerce, market place diklaim menjadi penggerak usaha rakyat yang mendorong potensi perekonomian nasional. Acara ini disambut antusias dan diikuti ratusan peserta dari berbagai komponen.

Direktorat Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim telah menyelenggarakan kegiatan Forum Sosialisasi dengan tema “Menembus Era Pasar Digital: Semua Bisa Jualan Online” ini dilaksanakan di Gedung Pola Kantor Bupati Polewali Mandar, Sulawesi Barat, Rabu 07/8/2019.

Forum sosialisasi ini memberikan peluang kepada semua pelaku UMKM bisa jualan online. Selain itu, juga dapat bertransaksi dengan menggunakan media digital dengan aman. UMKM ini juga belajar menjual produk mereka dengan menggunakan media digital.

E-commerce Indonesia menyumbang 1 USD  dari tiap 2 USD  yang dibelanjakan di Asia Tenggara. Artinya, E-Commerce Indonesia telah menyumbang 50 % transaksi belanja online di kawasan tersebut. Nilai ini merupakan yang terbesar di Asia Tenggara.

UMKM dapat memanfaatkan market place agar dapat menjangkau pasar yang lebih luas. Dengan perkembangan digital yang sangat pesat sudah saatnya Indonesia tidak hanya menjadi target pasar.

Kehadiran teknologi saat ini sangat berkontribusi besar terhadap perubahan aktivitas ekonomi. Bahkan  pengaruhnya terhadap ekonomi makro sangat signifikan sehingga, Menembus pasar di era digital dengan pontesi yang ada di Polewali Mandar ini.

Bukan sesuatu yang mustahil. Muhamad Hambalin, Ranger bukalapak Makassar saat menyampaikan materinya mengatakan, Market place dengan sistem rekening bersama sangatlah cocok untuk seorang Nepreneur dengan mengedepankan kepercayaan dan keamanan dalam bertransaksi.

Melihat potensi itu, sejauh ini maka sejalan dengan apa tujuan dari hadirnya Bukalapak, yaitu agar UMKM Indonesia bisa berkembang dan naik kelas. Karena, jika UMKM maju dan besar maka Indonesia pun bakal maju dan membuktikan diri sebagai tulang punggung perekonomian Indonesia.

Dengan semakin banyaknya UKM yang terlibat dalam ekonomi digital melalui pita lebar, bisnis elektronik, media sosial, teknologi awan, dan platform telepon seluler atau ponsel, UKM dapat bertumbuh lebih cepat dari segi pendapatan dan penyediaan lapangan kerja, serta menjadi lebih inovatif dan lebih kompetitif menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

Dalam kesempatan ini Kemkominfo juga mensosialisasikan program indonesia Bersih “Satu Juta Tumbler :” Generasi Bijak Plastik”. 

Program ini bertujuan untuk menginspirasi sebanyak mungkin masyarakat Indonesia untuk mengurangi penggunaan produk berbahan dasar plastik dengan cara menggunakan botol minum (tumbler) sendiri dalam aktivitas sehari-hari dan mengajak semua komponen untuk menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan. [pattae.com]

Penulis: Andrianto*

FTPA Ke-X 2019 Kosaster Siin
Festival Teater Putih Abu-abu, Kosaster Siin Unasman Libatkan Sekolah Se-Sulbar