Ingin Menjadi Seorang Penulis ? Ikuti Tips Berikut Ini

Menjadi seorang penulis
Foto Canva: Menjadi seorang penulis

Syarat menjadi seorang penulis artikel yang baik, tentu saja membutuhkan banyak hal. Pertama-tama yang harus dimiliki adalah kemauan untuk menulis. Bila persyaratan utama ini telah di penuhi. Maka yakin lah, anda sudah mampu menulis.

Meski dalam hal penyusunan kalimat belum secara ter struktur dengan baik. Tapi, itu sudah menjadi progres jika kemauan menulis itu, langsung dibarengi dengan eksekusi (menulis) langsung.  

Kemampuan menulis dengan modal kemauan yang kuat, belum cukup tuk menjadi penulis handal, butuh waktu lama untuk itu. Slow saja, dan ikuti kata pepatah “Ala bisa karena biasa”. Teruslah berusaha menulis, maka yakin lah, anda akan menjadi penulis kelas kakap.

Banyak orang sangat ingin menulis sesuatu. Namun selalu ter kendala dalam hal bahasa, atau bleng dalam menyusun kalimat. Ada juga yang ter kendala pada sumber informasi. Kendala terakhir yang saya sebutkan ini, kita kesampingkan dulu yang penting, komitmen pada kemauan dulu lah. 

Bagaimana Menjadi Seorang Penulis

Pertanyaan “bagaimana sih sebenarnya cara menjadi seorang penulis?” ini sangat sulit tuk dijawab. Hal itu disebabkan karena soal menulis, itu kembali pada diri kita sendiri. Apakah kita ingin menulis?

Jika pertanyaan, apakah kita ingin menulis? Belum terjawab, maka akan sulit memulai menulis. Jika sudah terjawab dengan jelas “ya”, maka silahkan lanjut membaca artikel ini. Karena dalam artikel ini, saya akan paparkan syarat-syarat yang harus dilalui untuk menjadi seorang penulis. Cekidot…! 

Pertama-tama, seperti apa yang saya ungkap di awal tadi, yang harus dimiliki adalah kemauan untuk menulis. Kemudian, perbanyaklah membaca artikel apa saja, yah..! apa saja. Mau nulis soal kehidupan sehari-hari, atau hal-hal yang menarik, silahkan tuangkan dalam bentuk tulisan. 

Bila anda ingin menulis artikel Budaya, maka saya sarankan anda bayak baca artikel tentang budaya-budaya yang ada, atau lakukan investigasi budaya yang terdapat di sekitaran anda. 

Bila anda ingin menulis reportase / berita, maka perbanyaklah membaca berita dari media-media resmi, atau silahkan ikuti unsur pertanyaan 5W1H dalam menulis berita.

Jika kita ingin menulis artikel Deskripsi (perjalanan, wisata, panorama alam, dan lain-lain), maka kunjungi artikel tentang wisata, perjalanan, dan lain sebagainya. Hal itu akan menjadikan anda belajar tuk menulis dan menyusun kalimat.

Begitulah kira-kira yang harus anda lakukan jika ingin memulai dan menjadi seorang penulis.

Perbanyak Membaca

Membaca artikel merupakan cara belajar yang sangat efektif, dan cepat, dimana selain mendapatkan ilmu baru, kita juga bisa belajar bagaimana membuat kalimat dari sang penulis artikel tersebut. 

Berharap ingin menjadi seorang penulis handal, namun malas membaca, akan membuat anda bleng untuk memulai menulis. Saran saya, perbanyaklah membaca dan menulis.

Perlu kita ketahui, pengetahuan menulis adalah ilmu terapan. Jika anda ingin menulis, maka segeralah dipraktekkan. Jangan tunda-tunda, karena menunda-nunda itu sikap orang malas.

Tidak ada penulis handal di Dunia ini, yang langsung jago menulis. Semuanya membutuhkan proses. Maka mulailah menulis sesuatu dengan menulis apa yang sedang Anda pikirkan dan perbanyak membaca. 

Sekian dulu dari saya, kalau ada yang mau ditanyakan, sertakan tulisan di kolom komentar. Wassalam ..!  Belajar Selagi Muda, Berjuang Selagi Bisa [pattae.com-TaTo]

Klarifikasi: Alasan KKPMB tidak Langsung Bereaksi Pasca Kebakaran