Panwascam Binuang Melakukan Perekrutan Anggota PTPS

Panwascam Binuang Melakukan Perekrutan
Paswascam menerima berkas pendaftaran calon anggota PTPS di sekretariat Panwascam Binuang

Panitia Pengawas Kecamatan atau Panwascam Binuang melakukan perekrutan anggota baru menjadi pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) tingkat Desa/Kelurahan.

Sebanyak 98 kuota pendaftar yang tersedia, terdiri dari Desa dan Kelurahan se-Kecamatan Binuang untuk direkrut menjadi pengawas TPS pada penyelenggaraan Pemilu 2019.

“Kuota masing-masing setiap Desa. Amassangan ada 10 orang, Amola 5 orang, Batetangnga 18 orang, Kaleok 5 orang, Kuajang 9 orang. Mammi 7 orang, Mirring 10 orang, Paku 9 orang, Rea 9 orang, dan Tonyaman 16 orang”. Tutur Muhammad Ihsan, Tim seleksi PTPS, saat ditemui di sekretarian Panwascam, Kanang Desa Batetangnga, Kamis 21/02/2019.

Baca juga: Tolak Politik Uang dan SARA, Panwascam Binuang Sasar Wisata Batetangnga

Perekrutan ini berlangsung sejak tanggal 11 hingga 21 Februari 2019 di sekretarian Pawascam Binuang yang berlokasi di Kanang Desa Batetangnga.

Dalam penyelenggaraan perekrutan anggota pengawas TPS ini, melibatkan berbagai pihak. Baik dari dalam maupun pihak dari luar ikut mensukseskan.

“Yang terlibat itu, struktur yang ada di Panwascam, Pokja perekrutan pengawas TPS, 3 unsur pimpinan dan ada beberapa staf, dan juga PPL. Kalau rekrutmen PTPS nya itu dari masyarakat se Kecamatan Binuang”. Tutur Ilyas.

Perekrutan anggota PTPS, Ilyas menambahkan, mulai dari tahapan penyebaran informasi perekrutan anggota PTPS di seluruh Desa/Kelurahan se-Kecamatan Binuang.

“Untuk proses tahapan seleksi rekrutmen itu ada timelinenya, jadi prosesnya itu pertama sosialisasi informasi keseluruh desa, terdiri dari 10 desa 1 kelurahan”. Ungkapnya

Tiga hari setalah penyebaran informasi dan sosialisasi dilakukan. Tim seleksi menerima pendaftaran dan analisis berkas hingga sesi wawancara.

“Disitu kita kasih waktu selama 3 hari, kemudian proses pendaftaran. Setelah kita analisis berkas sesuai dengan ketentuan formulir yang telah ditetapkan dan masuk disesi wawancara”. Tuturnya

“…..Jika belum sampai pada sesi wawancara kita akan menentukan siapa-siapa mereka yang bergabung dalam pengawas TPS itu” Tambahnya

Apabila kuota dalam perekrutan Pengawas TPS nantinya belum terpenuhi. pihak Panwascam Binuang mengaku akan menambah kuota dengan merekrut anggota baru 1 bulan dari sebelum hari pelaksanaan Pemilu berlangsung.

Apabila lolos seleksi, Waktu hari kerja sebagai anggota pengawas TPS selama 30 hari sebelum, dan setalah dilaksanakannya pemilu. (pattae.comRisna)

Foto: Opening Festival Budaya Internasional PIFAF 2018 Polewali Mandar